PEMANFAATAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) UNTUK PEMANTAUAN KEBERADAAN KARYAWAN (Studi Kasus: Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan)

Daniel Kristyanto, 14.304.0112 and Sali Alas Majapahit, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2019) PEMANFAATAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) UNTUK PEMANTAUAN KEBERADAAN KARYAWAN (Studi Kasus: Program Studi Teknik Informatika Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Daniel Kristyanto_143040112_Teknik Informatika.pdf

Download (474kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pemantauan dan pengendalian kedisiplinan karyawan merupakan hal yang penting untuk memastikan karyawan hadir dan bekerja di tempat kerja selama jam kerja untuk meningkatkan produktifitas lingkungan kerja. Pemantauan karyawan sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki kepentingan dengan karyawan tersebut, karena dapat mempermudah dalam mengetaui lokasi karyawan secara akurat selama jam kerja. Pemantauan keberadaan lokasi karyawan di butuhkan untuk membantu mengetaui lokasi karyawan tersebut berada untuk mempermudah dalam menemui karyawan. Untuk itu perlu sistem untuk mengawasi karyawan dengan efektif. Namun, teknologi yang saat ini di gunakan berupa fingerprint kurang efektif karena sistem tersebut hanya mampu mencegah pemalsuan presensi saja namun tidak menjamin karyawan tersebut berada tempat kerja selama jam kerja. Bisa saja karyawan keluar dari tempat kerja tanpa terdeteksi dan kembali ke tempat kerja saat jam pulang kantor, sehingga data yang tersimpan hanya data pegawai masuk dan keluar dari tempat kerja. Penelitian ini dilakukan untuk membantu Mahasiswa dan pihak yang berkepentingan untuk mengetahui lokasi dimana karyawan tersebut berada dengan memanfaatkan Radio Frequency Identification (RFID) sebagai alat untuk pemantauan keberadaan karyawan di program studi Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung. Pemanfaatan RFID di pilih karena menggunakan metode identifikasi objek maupun orang dengan menggunakan sarana tag dan reader untuk menyimpan dan menerima data tanpa membutuhkan kontak secara langsung. Tag digunakan sebagai kartu tanda pengenal karyawan dan reader ditempatkan di tiap lorong atau titik tertentu. Sehingga dengan sistem karyawan dapat terpantau secara langsung karena tag mengirim terus menerus ke reader sehingga keberadaan karyawan dapat diketahui lokasinya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah rencana Pemanfaatan RFID untuk pemantauan keberadaan Karyawan di program studi Teknik Informatika, yang nantinya hasil pemantauan akan dapat di lihat pada media Informasi Fakultas Teknik. Kata kunci : Radio Frequency Identification, Reader, Tag, Pemantauan, teknik Informatika, Karyawan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:17
Last Modified: 16 Sep 2019 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43566

Actions (login required)

View Item View Item