PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNDAK USUK BAHASA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 (Studi kasus : SDN 2 CIBOGO)

Dzevy Ruswandi, 133040133 and Sandhika Galih Amalga, ds and Fajar Darmawan, DS (2018) PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNDAK USUK BAHASA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 (Studi kasus : SDN 2 CIBOGO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dzevy Ruswandi_133040133_Teknik Informatika.pdf

Download (316kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini tahun ajaran 2018 - 2019 siswa kelas 5 di SDN 2 Cibogo mendapatkan pelajaran bahasa sunda yang didalam materinya terdapat pelajaran tentang undak usuk bahasa sunda yaitu berupa kata dan kalimat bahasa sunda yang baik digunakan di kehidupan sehari-hari. Siswa akan mempelajari bagaimana berbicara dengan orang lain yang seusianya atau kepada seseorang yang lebih tua dengan menggunakan bahasa sunda yang baik dan benar. Pembelajaran kata dan kalimat di berikan oleh guru dengan menggunakan buku atau kamus tentang undak usuk bahasa sunda. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tugas akhir ini yaitu dihasilkannnya sebuah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia interaktif mengenai undak usuk basa sunda sesuai dengan buku pedaran basa sunda. Tugas akhir ini berfokus pada pembuatan aplikasi multimedia interactive Undak usuk bahasa sunda yang berbasis 2D. Dengan pembangunan multimedia inetraktif undak usuk bahasa sunda yang sedang di teliti, siswa akan lebih mudah dalam mempelajari dan memahami lebih dalam undak usuk bahasa sunda dan mengerti menggunakan bahasa sunda yang baik dan benar karena akan diberikan ilustrasi dan cara pengucapan pada setiap kata yang dicari sesuai dengan tatakrama bahasa daerahnya. Sehingga siswa akan menggunakan bahasa sunda yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Pembuatan tugas akhir ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Yaitu dengan melakukan beberapa tahapan seperti menentukan konsep, desain, pengumpulan material, assembly(melakukan pembuatan aplikasi), testing dan selanjutnya distribusi. Kata Kunci : Multimedia, Interactive, Application, Undak Usuk Bahasa Sunda

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:10
Last Modified: 16 Sep 2019 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43542

Actions (login required)

View Item View Item