PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PERENCANAAN TATA RUANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA DEPOK)

Muhamad Rifki Nugraha, 133040148 and Sandhika Galih, ds and Wanda Gusdya, DS (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PERENCANAAN TATA RUANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA DEPOK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
M.Rifki Nugraha_133040148_Teknik Informatika.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perencanaan tata ruang adalah ilmu ilmiah, teknik administrasi, dan kebijakan yang dikembangkan sebagai pendekatan lengkap dan antarilmu yang mengarah pada sebuah keteraturan ruang. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok (PUPR) adalah Dinas yang membantu walikota dalam pelaksanaan kewenangan daerah di bidang pekerjaan umum, pengembangan wilayah, permukiman, tata ruang, pertamanan, dan kebersihan di kota Depok. Dinas PUPR Kota Depok menggunakan aplikasi ArcGIS dari ESRI untuk menangani perencanaan tata ruang, tetapi ArcGIS adalah aplikasi berlisensi dan harus membayar selama masih ingin berlangganan, biaya berlangganan nya pun tidak murah. Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebuah alat bantu berbasis komputer untuk bekerja dengan informasi geografis dan menangani data bereferensi keruangan atau spasial. Sebuah aplikasi SIG harus menyediakan kapabilitas untuk menangani data yang bereferensi keruangan. Dinas PUPR Kota Depok membutuhkan sebuah aplikasi SIG untuk menangani perencanaan tata ruang di kota Depok tetapi dengan biaya yang jauh lebih murah dari aplikasi yang digunakan sebelumnya yaitu ArcGIS. Hasil dari tugas akhir ini adalah aplikasi SIG berbasis web untuk menangani perencanaan tata ruang Kota Depok yang dibangun dengan menggunakan komponen-komponen yang memang open source dan gratis untuk digunakan sehingga biaya pengembangan dapat diminimalisir, selain itu tidak diperlukan lagi biaya berlangganan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kata kunci : Perencanaa Tata Ruang, Sistem Informasi Geografis, Komponen Open Source, website.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 16 Sep 2019 05:33
Last Modified: 16 Sep 2019 05:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43541

Actions (login required)

View Item View Item