PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM KELAS (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-IPS di SMA Muhammadiyah 4 Margahayu Tahun Ajaran 2018/2019)

Dena Annisa Putri, 155020111 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM KELAS (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-IPS di SMA Muhammadiyah 4 Margahayu Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini: “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dalam Kelas (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Muhammadiyah 4 Margahayu)” dengan latar belakang yaitu kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dan efektivitas pembelajaran dalam kelas pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS di SMA Muhammadiyah 4 Margahayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran dalam kelas pada mata pelajaran ekonomi X IPS di SMA Muhammadiyah 4 Margahayu. Penelitian ini menggunakan cara pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, cara mengumpulkan data dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 63 responden kelas X IPS di SMA Muhammadiyah 4 Margahayu. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata rata. Hasil penelitian menunjukan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai kompetensi pedagogik guru sebesar 3,75 (75,07%) atau “baik” dan efektivitas pembelajaran dalam kelas 3,69 (73,84%) atau “baik”. Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan, diperoleh hasil penelitian mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran dilihat dari perhitungan koefesien determinasi dengan nilai R square sebesar 0,420. Hal ini menyatakan bahwa variabel X mempunyai pengaruh sebesar 42% terhadap variabel Y dan sisanya 58% dipengaruhi faktor lain. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak terkait yakni : (1) Bagi pihak sekolah diharapkan lebih memperhatikan kompetensi pedagogik guru yang mengajar untuk lebih ditingkatkan lagi. (2) Bagi guru diharapkan guru dalam hal mengajar datang kelas dan meninggalkan kelas sebaiknya tepat waktu yang telah ditetapkan sekolah. (3) Bagi Siswa diharapkan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor lain dan topik yang berbeda sehingga memperoleh berbagai alternatif untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan terkait faktor lain selain kompetensi pedagogik guru dalam efektivitas pembelajaran dalam kelas. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru dan Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 04:53
Last Modified: 17 Oct 2019 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43539

Actions (login required)

View Item View Item