PENGARUH PENGATURAN KADAR AIR DAN WAKTU PEMANASAN MODIFIKASI TERHADAP KARAKTERISASI SIFAT FISIKOKIMIA TEPUNG UMBI SUWEG (Amorphophallus campanulatus) DIMODIFIKASI DENGAN METOE HEAT MOISTURE TREATMENT (HMT)

Firda Dwi Maulana, 14.302.0391 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Raden Cecep Erwan, ds (2019) PENGARUH PENGATURAN KADAR AIR DAN WAKTU PEMANASAN MODIFIKASI TERHADAP KARAKTERISASI SIFAT FISIKOKIMIA TEPUNG UMBI SUWEG (Amorphophallus campanulatus) DIMODIFIKASI DENGAN METOE HEAT MOISTURE TREATMENT (HMT). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Firda Dwi Maulana_143020391_Teknologi Pangan.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pemanfaatan sumber daya alam lokal yang ada di Indonesia merupakan salah satu solusi dalam upaya peningkatan panganan lokal yang dapat dijadikan substitusi atau pengganti tepung terigu. Tepung suweg merupakan salah satu bahan setengah jadi yang sangat berpotensi dalam pengembangan berbasis lokal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui karakteristik (kimia adan fisik) dari modifikasi tepung umbi suweg dan menentukan suhu serta waktu pemasanan yang tepat untuk pembuatan modifikasi tepung umbi suweg. Rancangan percobaan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pola faktorial 3 x 3 dalan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan ulangan yang dilakukan sebanyak tiga kali, sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Faktor yang digunakan dalam penelitian adalah pengaturan kadar air tepung suweg(20%, 25% dan 30%) ) dan waktu pemanasan modifikasi HMT (16 jam, 24 jam dan 32 jam). Respon penelitian utama mencakup respon kimia yaitu kadar air dan respon fisik yaitu uji kecerahan, viskositas puncak, breakdown, viskositas akhir, setback, Suhu pasting, dan viskositas pasta panas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kadar air rata-rata tepung suweg modifikasi HMT sebesar 3.67%, tingkat kecerahan rata-rata sebesar 49.42, viskositas puncak rata-rata sebesar 497.70 cP, breakdown rata-rata sebesar 66.63 cP, viskositas akhir rata-rata sebesar 608.74 cP, setback rata-rata sebesar 179.51 cP, suhu pasting rata-rata sebesar 91.31°C dan viskositas pasta panas rata-rata sebesar 431.07 cP. Kata Kunci : HMT, Tepung Suweg, Tepung Suweg HMT, Pengaturan kadar Air, Waktu Pemanasan Modifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: HMT, Tepung Suweg, Tepung Suweg HMT, Pengaturan kadar Air, Waktu Pemanasan Modifikasi.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:14
Last Modified: 16 Sep 2019 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43519

Actions (login required)

View Item View Item