PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE AKADEMIK SMKN 7 GARUT SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus : SMK Negeri 7 Garut)

Dafa Ghaida Rizqa, 14.304.0080 and Sali Alas Majapahit, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2019) PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE AKADEMIK SMKN 7 GARUT SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus : SMK Negeri 7 Garut). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Dafa Ghaida RIzqa_143040080_Teknik Informatika.pdf

Download (658kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Website Akademik SMKN 7 Garut dirancang pada pertengahan tahun 2016, akan tetapi mulai digunakan secara menyeluruh oleh SMK Negeri 7 Garut sejak tahun 2017 untuk pengumuman hasil Ujian Nasional (UN). Website Akademik SMKN 7 Garut telah digunakan selama 2 tahun dengan adanya perbaikan dan pengembangan secara berkala sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang berada di SMK Negeri 7 Garut terutama untuk kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, ternyata Website Akademik SMKN 7 Garut belum pernah melakukan pengukuran kepuasan terhadap penggunanya. Dikarenakan, adanya dugaan layanan yang belum baik dari Website Akademik SMKN 7 Garut sehingga penting untuk diperhatikan, dalam keberhasilan penerapan sebuah sistem informasi tidak dapat dilepaskan dari kepuasan pengguna terhadap sistem yang mereka gunakan. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur untuk melakukan survey kepuasan pengguna. Instrumen ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah EUCS (End User Computing Satisfaction) dari Doll dan Torkzadeh (1988) yang terbagi menjadi 5 dimensi pengukuran yang masingmasing diuraikan menjadi sekumpulan paket pernyataan yang diberikan kepada siswa SMK Negeri 7 Garut dengan skala Likert. Metode analisis yang digunakan untuk pengolahan data meliputi statistik deskriptif, analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana menggunakan alat bantu program SPSS for windows versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa semua dimensi berada pada kategori puas. Serta dimensi dari EUCS memberikan pengaruh sebesar 45,7% terhadap kepuasan pengguna, dan kepuasan pengguna Website Akademik SMKN 7 Garut memberikan pengaruh sebesar 20,4% terhadap kualitas layanan yang berada di SMK Negeri 7 Garut. Kata kunci: Pengukuran, Kepuasan, Kualitas Layanan, Website Akademik SMKN 7 Garut, EUCS (End User Computing Satisfaction), SPSS for windows versi 25.0

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:03
Last Modified: 16 Sep 2019 02:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43515

Actions (login required)

View Item View Item