PERANAN INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR MIGRATION (IOM) DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA IMIGRAN DI RUMAH DETENSI IMIGRASI INDONESIA (STUDI KASUS : RUMAH DETENSI IMIGRASI PUSAT TANJUNGPINANG)

Salsabila Firdhausi Nuzula, 152030263 (2019) PERANAN INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR MIGRATION (IOM) DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA IMIGRAN DI RUMAH DETENSI IMIGRASI INDONESIA (STUDI KASUS : RUMAH DETENSI IMIGRASI PUSAT TANJUNGPINANG). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mobilitas orang asing di Indonesia sangat banyak dan beragam. Salah satunya imigran dari berbagai negara yang berkonflik. Dalam menangani isu migrasi, Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi HAM membangun sebuah rumah penampungan bagi para imigran di wilayah Indonesia yang disebut sebagai Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) guna memberikan perlindungan hak asasi manusia. Sesuai dengan perannya sebagai organisasi internasional, IOM menjalankan fungsi yang dimilikinya dengan melakukan berbagai upaya pemenuhan kebutuhan dari imigran yang berada di Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjungpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjungpinang dalam memberikan perlindungan hak asasi manusia bagi imigran tersebut. Masalah utama penelitian ini adalah : bagaimana program IOM dalam memberikan perlindungan hak asasi manusia di Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjungpinang serta implementasi dari program tersebut. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis data yang telah terkumpul melalui referensi buku dan jurnal yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dengan tepat. Hasil kesimpulan ini menunjukkan bahwa perlindungan hak asasi manusia bagi imigran di Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjungpinang dilaksanakan bekerjasama dengan International Organization for Migration (IOM) yang telah menjalankan program-program dengan memenuhi kebutuhan fisiologis, psikososial, serta menjamin dan memelihara lingkungan tempat tinggal yang nyaman demi menjamin kesejahteraan para imigran. Kata kunci : Imigran, IOM, Rudenim, HAM.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:59
Last Modified: 16 Sep 2019 01:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43509

Actions (login required)

View Item View Item