KOMUNIKASI PENDIDIKAN PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB MUHAMMADIYAH KARANGPAWITAN GARUT

Siti Sarah Mutyara, 152050068 (2019) KOMUNIKASI PENDIDIKAN PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB MUHAMMADIYAH KARANGPAWITAN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen Pindaian.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Komunikasi Pendidikan merupakan suatu tindakan yang memberikan kontribusi yang sangat penting dalam pemahaman dan praktek interaksis serta, tindakan seluruh individu yang terlihat dalam dunia pendidikan, terutama dalam mendidik anak yang berkebutuhan khusus diantaranya anak tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menyampaikan ilmu, pola komunikasi yang dipakai, cara mempersuasi materi, dan cara menghibur agar anak bisa semangat belajar oleh guru kepada siswa tunarungu di SLB Muhammadiyah Karangpawitan Garut. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu berdasarkan data – data yang di peroleh dari sumber – sumber yang tertulis melalui pokok permasalahan yang akan dikaji. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, cara menyampaikan informasi dan ilmu, cara mendidik atau mengedukasi dengan menggunakan pola komunikasi yang ada, cara memberikan persuasi materi, serta menghibur agar siswa tunarungu termotivasi untuk rajin belajar, semua sudah cukup baik karena strategi komunikasi yang di gunakan untuk mengajar oleh guru kepada siswa tunarungu di SLB Muhammadiyah Karangpawitan Garut adalah adanya persiapan materi yang akan diberikan, kompetensi, pendekatan, komunikasi yang efektif, metode belajar yang baik dan menggunakan media. Dari hasil penelitian ini menurut saya, guru harus terampil dalam mengelola strategi komunikasi dalam menyampaikan ilmu agar ilmu yang di sampaikan mudah di pahami dengan cepat oleh anak, serta peran orang tua juga diharapkan dalam menjaga dan membiasakan serta menerapkan nilai dan ilmu yang sudah di sampaikan atau di ajarkan di sekolah saat berada dirumah sehingga setiap kegiatan anak akan menjadi terarah dan bermanfaat. Kata kunci : Komunikasi, Pendidikan, Anak ,Orangtua

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:44
Last Modified: 16 Sep 2019 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43508

Actions (login required)

View Item View Item