Intan Nurul Adha, 155040036 (2019) LIVE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB III.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan konsep dapat ditingkatkan dengan menggunakan aplikasi instagram dan bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan aplikasi instagram. Saat ini instagram merupakan aplikasi smartphone yang sering digunakan oleh siswa tetapi kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu, dimana pada penelitian jenis ini peneliti tidak memiliki keluasaan untuk memanipulasi subjek, artinya random kelompok biasanya dipakai sebagai dasar untuk menetapkan sebagai kelompok perlakuan dan kontrol. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan live demonstrasi menggunakan instagram, dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan yang sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest adapun instrumen pendukung dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa dan lembar aktivitas guru. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media aplikasi instagram berupa fitur live demonstrasi secara signifikan efektif meningkatkan penguasaan konsep siswa pada kelas XI MIPA 4 SMA Pasundan 2 Bandung dalam mempelajari materi sel dengan peningkatan skor rata-rata (Gain) 0,54 dan kadar peningkatan (N-Gain) berkisar antara 0,20 sampai dengan 1,00 . Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi instagram berupa fitur live demonstrasi menyatakan dapat diterima cukup baik dengan rata-rata persentase penerimaan 74 %. Pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi instagram berupa fitur live demonstrasi terlaksana dalam aktivitas guru sebesar 75 %. Pada ranah afektif dan psikomotor juga terlaksana dengan skor sebesar 99 % pada ranah afektif dan 90 % pada ranah psikomotor. Dengan demikian, live demonstrasi menggunakan aplikasi instagram dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci (Keyword) : Smartphone, Instagram, Penguasaan Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 08:31 |
Last Modified: | 14 Sep 2019 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43492 |
Actions (login required)
View Item |