PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA)

RATIH TARTILA, 155050005 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRACT.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
7.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas. Diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional dalam hal ini model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala self-efficacy. Tes diujicobakan dikelas VIII. Dari hasil uji coba, tujuh soal digunakan untuk tes. Setelah data terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dan Self-efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 08:10
Last Modified: 27 Sep 2019 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43490

Actions (login required)

View Item View Item