PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL LAPS-HEURISTIC

WAHYU ROBI AWALUDIN, 155050068 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL LAPS-HEURISTIC. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER BERWARNA.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
3. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
3. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Komunikasi dalam pembelajaran matematika memiliki peranan penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam membentuk pengetahuan dan keterampilan matematika. Kenyataannya kemampuan komunikasi matematika siswa masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memunculkan ide-ide atau gagasan selama proses pembelajaran dan siswa kurang diberi kesempatan untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata, dengan kata lain pembelajaran lebih terpusat pada guru. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini dikembangkan suatu pembelajaran matematika dengan menggunakan model LAPS-Heuristic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang lebih tinggi kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristc dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui manakah yang lebih baik disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic dengan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksprimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X IPS SMA PASUNDAN 7 Bandung, subjek tidak dikelompokkan secara acak tetapi menerima subjek seadanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan Disposisi Matematis. Tes terdiri dari tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Tes diujicobakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil uji coba semua soal dapat dipakai. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program software SPSS 20.0 for Windows dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran konvensional dan terdapat hubungan atau korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model LAPS-Heuristic. Kata kunci: Model LAPS-Heuristic, Kemampuan Komunikasi Matematika dan Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 07:56
Last Modified: 14 Sep 2019 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43488

Actions (login required)

View Item View Item