PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBANTU APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

ALISKA, 155040003 (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBANTU APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMA DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Belajar adalah suatu tujuan untuk merubah seseorang atau individu menjadi lebih baik dengan kegiatan yang dilakukan melalui alat indra dan pengalamannya dengan secara sadar dapat meningkatkan pengetahuannya. Hasil penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbantu aplikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI. Metode penelitian ini Pretest-Posttest Control Group Design yaitu peneliti ingin mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbantu aplikasi yang diukur berupa tes yaitu dengan soal pilihan ganda dan non tes berupa penilaian afektif dan psikomotor (kelas eksperimen), sedangkan (kelas kontrol) dengan pilihan ganda. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMA Pasundan 1 Bandung yang diberikan soal berupa tes objektif sebanyak 20 soal pilihan ganda sebagai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan pengguanaan media pembelajaran berbantu aplikasi pada materi sel. Hasil penelitian dari data pretest dan posttest nilai rata -rata pretest sebesar 44.33 dan posttest 74.17 (kelas eksperimen), sedangkan nilai rata-rata pretest 42.83 dan posttest 60.50 (kelas kontrol). Peneliti menguji uji hipotesis dimana hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan yang terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran berbantu aplikasi pada materi sel, dari u ji hipotesis didapat t tabel nilai t tabel 0.000 < 0.05. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi juga dalam rana efektif dan psikomotor, pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata 87.14 dan ranah psikomotor diperoleh nilai rata -rata 86.27 Kata kunci : Hasil belajar siswa, Media Berbantu Aplikasi, Materi Sel

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 07:20
Last Modified: 14 Sep 2019 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43478

Actions (login required)

View Item View Item