ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN NATIONAL GEOGRAPHIC “PLANET OR PLASTIC” DALAM MENYIKAPI PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP

Tedi Maulana, 152050318 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN NATIONAL GEOGRAPHIC “PLANET OR PLASTIC” DALAM MENYIKAPI PESAN TERSEMBUNYI TENTANG KEPEDULIAN LINGKUNGAN HIDUP. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan National Geographic “Planet Or Plastic” Dalam Menyikapi Pesan Tersembunyi Tentang Kepedulian Lingkungan Hidup. Merupakan sebuah iklan dari yayasan National Geographic yang memberikna tayangan penuh makna mengenai sampah plastik yang sudah mencemari lingkungan hidup kita yaitu laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbolsimbol yang ditampilkan dalam iklan National Geographic “Planet Or Plastic” yang ditanyangkan di YouTube. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotikan Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbo-simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas soaial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriftif kedalam bentuk paragaraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan bahwa pada saat ini posisi keadaan ekosistem yang ada di bumi sudah mulai rusak dengan ada banyaknya sampah yang menggenang di lautan atau bahkan daratan. Pesan yang ingin disampaikan dari pembuat konten iklan National Geographic “planet or plastic” adalah bahwa kerusakan yang ada di bumi akibat pembuangan sampah secara berlebihan sudah sampai tahap yang parah. Sehingga, pihak national geographic mengharapkan bahwa masyarakat memberikan perhatian penuh terhadap “kesehatan” bumi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 14 Sep 2019 06:12
Last Modified: 14 Sep 2019 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43474

Actions (login required)

View Item View Item