PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN SMARTCARD (Studi kasus: SAMSAT PPPD Wilayah Kota Bandung lll Soekarno-Hatta)

Dicki Zulfikri Fa’is, 13.304.0240 and Caca Emile Supriana, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN SMARTCARD (Studi kasus: SAMSAT PPPD Wilayah Kota Bandung lll Soekarno-Hatta). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
DickiZulfikriFais_133040240_Informatika.pdf

Download (283kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pajak kendaraan merupakan salah satu dari pajak daerah dan tentunya bersifat wajib bagi wajib pajak. Pembayaran pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu dari pelayanan publik. Pelayanan terhadap publik harus memberikan kemudahan dalam tukar-menukar informasi, transaksi, dengan tingkat keamanan yang tinggi. Masalah ini juga dapat dijumpai pada lingkungan kerja apa saja yang membutuhkan faktor-faktor seperti mobilitas tinggi, keamanan data, ketangguhan terhadap gangguan, kestabilan dan kualitas kerja. Smartcard diciptakan untuk menjadi solusi bagi masalah tersebut. Teknologi ini menawarkan banyak manfaat signifikan bagi para penyedia dan pengguna jasa, khususnya dalam melakukan transaksi yang bersifat wajib dan harus tepat waktu. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang Sistem Informasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Menggunakan Smartcard dengan menggunakan metodologi Structured System Analysis and Design Methods (SSADM). Smartcard yang digunakan berjenis electronic money yang biasa disebut e-money. Hasil dari penelitian ini adalah Rancangan Sistem Informasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Menggunakan Smartcard. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan menggunakan Smartcard. Kata Kunci: Sistem Informasi, Pembayaran, Pajak Kendaraan, Smartcard, Metodologi SS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pembayaran, Pajak Kendaraan, Smartcard, Metodologi SS
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 14 Sep 2019 06:09
Last Modified: 14 Sep 2019 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43473

Actions (login required)

View Item View Item