PENGARUH PERBANDINGAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) DAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK KOPI INSTAN

Fitria Sarah, 143020278 and Asep Dedy Sutrisno, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) DAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK KOPI INSTAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fitria Sarah_143020278_Teknologi Pangan.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh kopi instan dan untuk mengetahui karakteristik kopi instan tersebut. Manfaat dari penelitian ini untuk menambah wawasan penulis terkait pemanfaatan kopi arabika dan kopi robusta, serta mengetahui kemampuan maltodekstrin sebagai bahan pengisi dalam proses pengolahan kopi instan, memberikan informasi kepada masyarakat mengenai proses pengolahan kopi instan menggunakan metode pengeringan molen dryer. Penelitian yang dilakukan terdiri atas penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Pada penelitian pendahuluan dilakukan untuk mengetahui kadar kafein bubuk kopi arabika dan kopi robusta. Penelitian utama digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu perbandingan kopi arabika dan kopi robusta (a) dengan 3 taraf yaitu a1 (80% Arabika : 20% Robusta) , a2 (60% Arabika : 40% Robusta) dan a3 (40% Arabika : 60% Robusta), serta konsentrasi maltodekstrin (b) dengan 3 taraf yaitu b1 (10%) b2 (15%) dan b3 (20%). Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah analisis kimia yaitu kadar air, kadar kafein dan total asam. Respon fisik, yaitu kelarutan. Serta respon organoleptik terhadap atribut warna, aroma dan rasa. Hasil penelitian pendahuluan didapatkan kadar kafein dari bubuk kopi arabika dan kopi robusta. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa perbandingan kopi arabika dan kopi robusta dan konsentrasi maltodekstrin berpengaruh terhadap kadar air, kadar kafein, total asam, kelarutan dan organoleptik atribut warna, aroma dan rasa kopi instan. Terjadi interaksi antara perbandingan kopi arabika dan kopi robusta dan konsentrasi maltodekstrin terhadap kadar air, kadar kafein, total asam, kelarutan dan organoleptik atribut warna dan rasa kopi instan. Kata Kunci: Kopi Instan, Perbandingan Kopi, Maltodekstrin, Organoleptik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 14 Sep 2019 05:21
Last Modified: 14 Sep 2019 05:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43465

Actions (login required)

View Item View Item