Ari Irpan, 155030039 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER PADA SISWA KELAS X SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN ARI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya keterampilan membaca pada peserta didik. Kurangnya keterampilan membaca terutama dalam menganalisis aspek kebahasaan teks biografi. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis aspek kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model treffinger; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menganalisis aspek kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model treffinger; dan mengetahui keefektifan model treffinger yang digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek kebahasaan dalam teks biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posettest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevalusi pembelajaran menganalisis aspek kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model treffinger pada siswa kelas X SMA Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,74 sangat baik (A). Peserta didik kelas X SMA Nusantara Bandung mampu menganalisis aspek kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan model treffinger. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata tes awal 39,4 dan nilai rata-rata tes akhir 89,45, peningkatannya sebesar 50,05, model treffinger efektif digunakan pada pembelajaran menganalisis aspek kebahasaan dalam teks biografi pada siswa kelas X SMA Nusantara Bandung. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik > , yaitu 24,77 > 18,5 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 19. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan, bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata kunci: Aspek kebahasaan, membaca, menganalisis, model treffinger, teks biografi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 04:21 |
Last Modified: | 14 Sep 2019 04:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43462 |
Actions (login required)
View Item |