Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Peserta Didik Melalui Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati Dalam Pembelajaran Biologi Berorientasi Wikipedia

Isma Huwaida, 155040101 (2019) Meningkatkan Keterampilan Literasi Informasi Peserta Didik Melalui Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati Dalam Pembelajaran Biologi Berorientasi Wikipedia. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK b. indonesia.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT inggris.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK sunda.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi peserta didik melalui penguasaan konsep materi Keanekaragaman Hayati dalam pembelajaran Biologi berorientasi Wikipedia. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling yaitu siswa kelas X MIPA 6 di SMAS Pasundan 1 kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 43,45 dan skor rata-rata posttest sebesar 66,90 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek produk mendapatkan skor dengan rata-rata sebesar 73% dengan kategori baik. Selanjutnya, hasil kemampuan literasi informasi memperoleh skor rata-rata sebesar 80,96 dengan kategori baik. Adapun hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 81,47% dengan kategori sangat baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Biologi berorientasi Wikipedia melalui penguasaan konsep materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi informasi siswa. Kata kunci: Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati, Wikipedia,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2019 04:08
Last Modified: 14 Sep 2019 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43460

Actions (login required)

View Item View Item