KAJIANPERBANDINGAN TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor L.) DENGAN TEPUNG JEWAWUT (Setaria italica L) dan LAMA PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK BAR

Cirry Suciati Utami, 13.302.0326 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Wisnu Cahyadi, DS (2019) KAJIANPERBANDINGAN TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor L.) DENGAN TEPUNG JEWAWUT (Setaria italica L) dan LAMA PEMANGGANGAN TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK BAR. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Cirry suciati utami_133020326_teknologi pangan.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Snack bar adalah sebuah makanan ringan berbentuk batang yang banyak beredar di pasaran tetapi harganya masih cukup mahal karena mayoritas berupa produk impor. Padahal banyak bahan pangan lokal dan hasil samping industri pangan dengan potensi yang cukup tinggi namun selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Penggunaan tepung sorgum dan jewawut sebagai bahan pembuatan snack bar ini dapat menjadi salah satu cara diversifikasi pangan. Tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah untuk menentukan perbandingan antara tepung sorgum dengan tepung jewawut terhadap karakteristik snack bar, untuk menemukan lama pemanggangan yang tepat dalam pembuatan snack bar, dan untuk memanfaatkan bahan pangan lokal sehingga dapat digunakan secara optimal. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah menganalisis bahan baku snack bar yaitu tepung sorgum dan tepung jewawut dengan melakukan uji kandungan serat kasar dan kadar air. Penelitian utama menentukan pengaruh perbandingan tepung sorgum dan tepung jewawut terhadap karakteristik snack bar menggunakan rancangan acak kelompok (RAK). Rancangan perlakuan terdiri dari dua faktor, yaitu faktor perbandingan tepung sorgum dan tepung jewawut (F) dan lama pemanggangan (G). Rancangan respon terdiri dari respon kimia yaitu penentuan kadar air, kadar serat kasar dan kadar protein, rancangan respon organoleptik terhadap warna, aroma, rasa dan tekstur. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan menunjukan bahwa tepung sorgum memiliki kadar air 11,5% dan kadar serat kasar 3,659%. Tepung jewawut memiliki kadar air sebesar 11,5% dan serat kasar 5,697%. Dalam penelitian utama, sampel dengan hasil tertinggi berdasarkan respon kimia yaitu pada perlakuan f3g1perbandingan tepung sorgum dengan tepung jewawut (1:2) dan lama pemanggangan 30 menit. Didapatkan hasil kadar air sebesar 11.2%kadar serat kasar 5.11%, dan kadar protein 10.26%. Kata Kunci : snack bar, tepung sorgum, tepung jewawut, lama pemanggangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: snack bar, tepung sorgum, tepung jewawut, lama pemanggangan.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 14 Sep 2019 02:04
Last Modified: 14 Sep 2019 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43445

Actions (login required)

View Item View Item