PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN TRIANGULAR FLOW DIAGRAM DAN ALGORITMA CRAFT DI DEPARTEMEN PRODUKSI PT WANG SARI MULTI UTAMA (STUDI KASUS DI PT WANG SARI MULTI UTAMA BEKASI)

Reksy Rahadiansyah, 123010018 and Toto Ramadhan, DS and Yogi Yogaswara, DS (2019) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN TRIANGULAR FLOW DIAGRAM DAN ALGORITMA CRAFT DI DEPARTEMEN PRODUKSI PT WANG SARI MULTI UTAMA (STUDI KASUS DI PT WANG SARI MULTI UTAMA BEKASI). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Reksy Rahadiansyah_123010018_TeknikIndustri.pdf

Download (580kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Wang Sarimulti Utama adalah perusahaan manufaktur yang membuat Audio Panel mobil. PT Wang Sarimulti Utama adalah supplier perusahaan besar yang ada di Indonesia seperti PT JVC Electronic Indonesia, PT Indonesia EPSON Industri, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Morirolu Indonesia, PT Toyota Astra Motor, PT Toyodenso, PT Kojima Auto Technology Indonesia, dan lain-lain. PT Wang Sarimulti Utama memiliki dua permasalahan di dalam tinjauan ilmu tata letak fasilitas pabrik. Pertama adalah jarak departemen yang jauh seperti jarak dari gudang bahan baku menuju proses injection moulding yang dapat menempuh 69 meter. Kedua adalah adanya aliran balik di dalam proses produksi Audio Panel. Pendekatan metode yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan Triangular Flow Diagram dan Algoritma CRAFT dengan bantuan software WinQSB. Pendekatan Triangular Flow Diagram dilakukan untuk menggambarkan aliran material, produk, informasi, dan manusia secara grafis. Sedangkan Algoritma CRAFT digunakan untuk meminimumkan biaya perpindahan material. Ada beberapa tahapan proses yang dilakukan di dalam Triangular Flow Diagram. Pertama adalah mendapatkan output hubungan aliran material dari hasil proses Flow Card sebagai input proses Triangular Flow Diagram. Kedua adalah membuat iterasi-iterasi dari existing layout PT Wang Sarimulti Utama sampai menemukan nilai koefisien aliran hubungan antar departemen 1 ke departemen lainnnya stabil di angka 1. Setelah mendapat layout dengan koefisien bernilai 1 maka proses selanjutnya adalah Algoritma CRAFT. Proses Algoritma CRAFT dengan bantuan software WinQSB terdiri dari input dan proses software WinQSB. Input yang digunakan adalah Existing Layout dari Triangular Flow Diagram. Proses CRAFT adalah memilih 4 solution options dan kemudian memilih hasil dari 4 solution options itu yang memiliki ongkos material handling terendah dengan jarak yang terpendek. Ada dua hasil yang didapatkan di dalam penelitian ini. Pertama adalah mendapatkan total ongkos material handling dari proses Triangular Flow Diagram dan Algoritma CRAFT sebesar Rp. 5.674,96 dengan total jarak 1.758,30. Kedua adalah mendapatkan bentuk aliran material baru yang tidak memiliki aliran balik di dalam prosesnya. Kontribusi penelitian ini jika usulan dan saran dari penelitian ini diterapkan maka dapat mampu meminimalkan ongkos material handling, mengurangi jarak tempuh semua departemen, dan menghilangkan aliran balik material di dalam prosesnya. Kata kunci: PerancanganTata Letak Fasilitas, Triangular Flow Diagram, Algoritma CRAFT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: PerancanganTata Letak Fasilitas, Triangular Flow Diagram, Algoritma CRAFT
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Sep 2019 04:07
Last Modified: 13 Sep 2019 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43385

Actions (login required)

View Item View Item