PENGARUH PERBANDINGAN GLUKOSA DENGAN FRUKTOSA DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK MANISAN KERING BLACK MULBERRY (Morus nigra L.)

Fitri Sahata Pratama Hasibuan, 133020311 and Yusman Taufik, DS and Tantan Widiantara, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN GLUKOSA DENGAN FRUKTOSA DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP KARAKTERISTIK MANISAN KERING BLACK MULBERRY (Morus nigra L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fitri Sahata Pratama Hasibuan_133020311_Teknologi Pangan.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh perbandingan konsentrasi glukosa dengan fruktosa, lama perendaman dan interaksi antara perbandingan glukosa dengan fruktosa dan lama perendaman terhadap karakteristik manisan kering black mulberry. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor (A) perbandingan glukosa dengan fruktosa terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (1:1), a2 (1:2) dan a3 (2:1) dan faktor (b) lama perendaman yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (24 jam), b2 (48 jam), dan b3 (72 jam). Respon organoleptik meliputi aroma, tekstur dan rasa. Analisis kimia yang dilakukan adalah kadar air dan kadar gula total. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa perbandingan glukosa dengan fruktosa berpengaruh terhadap kadar gula total, rasa, dan tekstur. Lama perendaman berpengaruh terhadap kadar air, kadar gula total, aroma, tekstur, dan rasa. Interaksi antara perbandingan glukosa dengan fruktosa dan lama perendaman berpengaruh terhadap kadar air, aroma, tekstur dan rasa. Berdasarkan penilaian organoleptik dan analisis kimia yang telah dilakukan maka perlakuan yang dipilih dan disukai oleh panelis adalah perlakuan a2 perbandingan glukosa dengan fruktosa (1:2) dengan lama waktu perendaman b3 (72 jam). Kata kunci : black mulberry, fruktosa, glukosa, lama perendaman, manisan kering

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2019 04:01
Last Modified: 23 Mar 2021 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43378

Actions (login required)

View Item View Item