PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ANA MUSLIMAH, 155020070 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NUSANTARA BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru, prestasi belajar siswa serta pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Nusantara Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas X IPS SMA Nusantara Bandung. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata-rata skor. Hasil penelitian menunjukan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai kompetensi pedagogik guru sebesar 3,4 (68,03%) atau “baik” dan prestasi belajar siswa tergolong pada kategori “sangat baik” 2 orang, “baik” 10 orang, “cukup” 13 orang dan “kurang” 6 orang. Frekuensi prestasi belajar siswa terbanyak pada kategori cukup dengan presentase 42%. Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan, diperoleh hasil penelitian mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dilihat dari perhitungan koefesien determinasi dengan nilai R square sebesar 0,529. Hal ini menyatakan bahwa variabel X mempunyai pengaruh sebesar 52,9% terhadap variabel Y dan sisanya 47,1% dipengaruhi faktor lain. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak terkait yakni : (1) Bagi pihak sekolah diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik guru dengan diadakannya pelatihan. (2) Bagi guru diharapkan guru lebih memperhatikan dalam penerapan indikator-indikator kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik guru guna meningkatkan keefektifan dalam kegiatan proses pembelajaran. (3) Bagi Siswa diharapkan agar lebih bersungguh-sungguh dalam kegiatan proses pembelajaran guna tercapainya prestasi belajar siswa yang optimal. (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor lain dan topik yang berbeda sehingga memperoleh berbagai alternatif untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan terkait faktor lain selain kompetensi pedagogik guru dalam prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:43
Last Modified: 15 Oct 2019 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43377

Actions (login required)

View Item View Item