PERBANDINGAN SARI SECANG (Caesalpinia Sappan L) DENGAN SARI JAHE MERAH (Zingiber Officinale) DAN KONSENTRASI PUTIH TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK SECANG JAHE DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING

Nazhira Adlina, 133020348 and Neneng Suliasih, DS and Thomas Gozali, DS (2019) PERBANDINGAN SARI SECANG (Caesalpinia Sappan L) DENGAN SARI JAHE MERAH (Zingiber Officinale) DAN KONSENTRASI PUTIH TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK SECANG JAHE DENGAN METODE FOAM-MAT DRYING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nazhira Adlina_ 133020348_Teknologi Pangan.pdf

Download (411kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara sari secang dengan sari jahe merah, konsentrasi putih telur dan interaksi antara perbandingan sari secang dengan sari jahe merah dan konsentrasi putih telur terhadap karakteristik minuman serbuk secang jahe. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor (A) perbandingan sari secang dengan sari jahe merah terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (1:1), a2 (1:2) dan a3 (2:1) dan faktor (B) konsentrasi putih telur yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (10%), b2 (15%), dan b3 (20%). Respon organoleptik meliputi warna, aroma dan rasa. Analisis kimia yang dilakukan adalah kadar air, waktu larut dan aktivitas antioksidan. Hasil penelitian menunjukan perbandingan sari secang dengan jahe merah berpengaruh nyata terhadap waktu larut dan atribut warna, rasa dan aroma tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air minuman serbuk secang jahe. Konsentrasi putih telur berpengaruh nyata terhadap kadar air, kecepatan daya larut serta atribut warna, rasa dan aroma. Interaksi antara perbandingan sari secang dengan sari jahe merah dan konsentrasi putih telur berpengaruh nyata terhadap kadar air, waktu larut serta atribut warna, rasa dan aroma. Berdasarkan penilaian organoleptik dan analisis kimia yang telah dilakukan maka perlakuan yang dipilih dan disukai oleh panelis adalah a2b1 (perbandingan sari secang dengan sari jahe merah 1:2 dan konsentrasi putih telur 10%) dengan kadar air 5%, dan waktu larut 20,33 detik dan aktivitas antioksidan nilai IC 50 sebesar 1271,4866 ppm. Kata kunci : Minuman serbuk, Kayu secang, Jahe merah, Putih telur, foam-mat drying.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:42
Last Modified: 13 Sep 2019 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43374

Actions (login required)

View Item View Item