PERLINDUNGAN DATA PRIBADI BAGI PENGGUNA KARTU PRABAYAR TERHADAP PENYEBARLUASAN IDENTITAS DIKAITKAN DENGAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA JO PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DATA PRIBADI DALAM SISTEM ELEKTRONIK

Dani Ramadhan, 151000236 (2019) PERLINDUNGAN DATA PRIBADI BAGI PENGGUNA KARTU PRABAYAR TERHADAP PENYEBARLUASAN IDENTITAS DIKAITKAN DENGAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA JO PERATURAN MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DATA PRIBADI DALAM SISTEM ELEKTRONIK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI dani.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Teknologi menimbulkan dampak positif dan negatif termasuk pada data pribadi seseorang. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap perlindungan data pribadi salah satu contohnya ketika melewati sebuah mall atau restoran tiba-tiba muncul pesan singkat berupa promosi produk yang ditawarkan melalui telepon genggam. Padahal konsumen sebagai pengguna kartu prabayar tidak pernah menyerahkan data kepada perusahaan-perusahaan tersebut. Hal ini menimbulkan permasalahan berupa: Bagaimana Perlindungan Data Pribadi bagi Pengguna Kartu Prabayar terhadap penyebarluasan Identitas dalam Hukum Indonesia, Bagaimana Tanggung Jawab Operator sebagai penyedia jasa seluler, Bagaimana Upaya dalam penyelesaian bagi pengguna kartu prabayar apabila Privasi Keamanan datanya disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. Tujuan Penulisan ini adalah untuk menjelaskan perlindungan data pribadi dalam sistem elektronik. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Analitis yaitu penelitian dengan menggambarkan secara sistematis, akurat, aktual, dan menyeluruh mengenai Perlindungan Data Pribadi bagi Pengguna Kartu Prabayar. Metode pendekatan yang digunakan adalah Yuridis Normatif yaitu penelitian terhadap asas – asas hukum dilakukan dengan norma – norma hukum yang merupakan patokan untuk bertingkah laku. Tahap penelitian yang digunakan yaitu melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan melakukan wawancara pada Telkomsel dan Pengguna Kartu Prabayar. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa, pada Pasal 26 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, juga Pasal 26 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik, Penyedia Jasa Telekomunikasi yaitu Telkomsel harus memperhatikan dalam hal penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan. Telkomsel bertanggung jawab Terhadap Pengguna yang tidak bersedia menerima penawaran/informasi dari pihak yang bekerjasama dengan Telkomsel. Pengguna dapat melakukan mekanisme dengan cara menghubungi Customer Service (CS) Telkomsel, dan tim CS akan mengirimkan email ke PIC dari digital advertising untuk membantu menstop pesan seperti itu sebagai bentuk pelayanan dan tanggung jawab Penyedia jasa telekomunikasi kepada Penggunanya. Upaya penyelesaian antara Telkomsel sebagai penyedia jasa telekomunikasi dengan Pengguna (konsumen) dilalui dengan adanya laporan yang diterima Telkomsel yang diberikan oleh pengguna mengenai suatu permasalahan, setelah diterima Telkomsel menanggapi yang selanjutnya diadakanlah pertemuan antara Telkomsel dengan Pengguna untuk berunding/bermusyarah supaya mendapatkan mufakat atau mencapai keadilan bagi para pihak. Kata Kunci: Perlindungan, Data Pribadi, Kartu Prabayar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:26
Last Modified: 13 Sep 2019 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43373

Actions (login required)

View Item View Item