PENGARUH SUHU PENGERINGAN dan JENIS PELARUT SELAMA ESKTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUK ZAT WARNA DAUN PEPAYA (Carica papaya L)

Eva Silfiani, 133020336 and Ela T. Sutrisno, DS and Dede Zainal Arief, DS (2019) PENGARUH SUHU PENGERINGAN dan JENIS PELARUT SELAMA ESKTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUK ZAT WARNA DAUN PEPAYA (Carica papaya L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
EVA SILFIANI_133020336_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (803kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara suhu pengeringan dan jenis pelarut selama ekstraksi terhadap karakteristik bubuk zat warna daun papaya yang dihasilkan. Rancangan percobaan yang akan digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang diulang sebanyak 4 kali untuk setiap kombinasi perlakuan sehingga di peroleh 24 satuan percobaan, terdiri dari dua faktor yaitu jenis pelarut dan suhu pengeringan.jenis pelarut terdiri dari 2 taraf yaitu Air (a1), Etanol 70% (a2) dan suhu pengeringan (B) yang terdiri dari 3 tarah yaitu 50 ℃ (b1), 60℃ (b2), 70℃ (b3). Hasil penelitian menunjukan suhu pengeringan berpengaruh terhadap total klorofil, kadar air, waktu larut bubuk zat warna daun papaya dalam air dingin, uji organoleptik pada atribut warna dan aroma. Jenis pelarut berpengaruh terhadap total klorofil, kadar air, waktu larut bubuk zat warna daun papaya dalam air panas dan uji organoleptik pada atribut warna. Interaksi antara suhu pengeringan dan jenis pelarut berpengaruh terhadap total klorofil, dan uji organoleptic pada atribut warna . Kata kunci: Pewarna alami, Daun Pepaya, Pewarna Serbuk, Suhu Pengeringan, Pelarut

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:26
Last Modified: 13 Sep 2019 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43372

Actions (login required)

View Item View Item