PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ARIF FAUZAN RAKHMAN, 145030141 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa Indonesia.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa Inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa Sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis aspek makna teks biografi selalu berkaitan dengan keterampilan membaca. Keterampilan membaca menduduki posisi dan peran yang penting dalam kehidupan manusia. Selain menjadi peran yang penting, dalam membaca terdapat permasalahan awal adalah sulitnya memahami bacaan secara keseluruhan. Sehubungan dengan itu, peneliti tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis aspek makna teks biografi menggunakan metode Reciprocal Learning(RL) pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung. Peneliti merumuskan masalah yang peneliti ajukan yaitu: 1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis aspek makna teks biografi dengan metode RLpada siswa kelas X SMKN 15 Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas X SMKN 15 Bandung menganalisis aspek makna teks biografi dengan tepat?; dan 3) Efektifkah metode RL digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung?. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian eksperimen semu dan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan Teknik Telaah Pustaka, Observasi, dan Tes. Ada pun hasil penelitiannya yaitu: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis aspek makna teks biografi menggunakan metode RL pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan pembelajaran sejumlah 3,8, dan pelaksanaan pembelajaran sejumlah 3,75 yang termasuk kategori sangat baik. 2) Siswa kelas X SMKN 15 Bandung mampu menganalisis aspek makna dalam teks biografi dengan menggunakan metode RL. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata prates sejumlah 41,46 dan nilai rata-rata pascates sejumlah 87,96. Peningkatannya sejumlah 43,53. 3) Metode RL lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik thitung>ttabel yakni 15,22 > 2,06, tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 25. Peneliti menyimpulkan bahwa peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi dengan menggunakan metode RL pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung, siswa mampu menganalisis aspek makna dalam teks biografi pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung, dan metode RL lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dalam teks biografi siswa mengalami peningkatan.Kemudian peneliti menyarankan bahwa penelitian yang dilakukan mampu memberikan manfaat yang berdampak dalam pembelajaran. Pembelajaran tersebut dikhususkan untuk pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kata Kunci: Pembelajaran, membaca, menganalisis, aspek makna, teks biografi,metode Reciprocal Learning, peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:46
Last Modified: 12 Sep 2019 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43356

Actions (login required)

View Item View Item