PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPREHENSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION (CMI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA

IIS NURUL AZIZAH, 155050037 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPREHENSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION (CMI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
10. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Untuk objek penelitian nya diambil dua kelas. Diperoleh kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelejaran konvensional dan kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan angket skala self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siwa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) efektivitas model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) memberikan efek yang besar dalam peningkatan kemampuan representasi matematis. Sehingga model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran matematika yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Comprehensive Mathematics Instruction (CMI), Kemampuan Representasi Matematis, Self-confidence

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:30
Last Modified: 12 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43354

Actions (login required)

View Item View Item