IIS NURUL AZIZAH, 155050037 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPREHENSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION (CMI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
10. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Untuk objek penelitian nya diambil dua kelas. Diperoleh kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelejaran konvensional dan kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan angket skala self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siwa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) efektivitas model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) memberikan efek yang besar dalam peningkatan kemampuan representasi matematis. Sehingga model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran matematika yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Comprehensive Mathematics Instruction (CMI), Kemampuan Representasi Matematis, Self-confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 08:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43354 |
Actions (login required)
View Item |