PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA FLANELGRAF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJAR 2018 -2019

MAUDYA MULYA UTAMI, 155030100 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA FLANELGRAF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJAR 2018 -2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak indonesia.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis puisi merupakan kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan pada sebuah bentuk tulisan dengan pemilihan diksi yang indah dan jelas. Metode Group Investigation (GI) adalah metode yang mengajarkan peserta didik dalam bekerjasama. Media Flanelgraf merupakan media yang dibuat menggunakan kain flanel. Judul penelitian yang penulis rancang ialah “Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memerhatikan Unsur Pembangunnya Menggunakan Metode Group Investigation (GI) berbantu Media Flanelgraf pada Peserta Didik Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung”. Adapun hasil yang diddapatkan peserta didik setelah melakukan penelitian ialah 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Hal tersebut dibutikan dengan penilaian yang diperoleh ialah, untuk RPP memperoleh nilai 4.00 dan pelaksanaan mendapatkan nilai 3.93. 2) peserta didik mampu menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya menggunakan metode group investigation (GI) berbantu media Flanelgraf. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai prates kelas eksperimen adalah 64,4, sedangkan rata-rata nilai postest kelas eksperimen adalah 89,9. 3) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t hitung pada kelas eksperimen adalah 39,9 dan lebih besar dibandingkan t hitung kelas kontrol yang berjumlah sebesar 15,39. 4) metode group investigation (GI) berbantu Flanelgraf lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t hitung pada kelas eksperimen adalah 39,9 dan t hitung kelas kontrol yang berjumlah sebesar 15,39. Berdasarkan beberapa hal yang sudah dapat dibuktikan dengan beberapa penilaian dapat dikatakan bahwa penelitian yang dilakukan penulis terbilang berhasil. Kata Kunci : Menulis, Puisi, Metode Group Investigation (GI), Media Flanelgraf.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:03
Last Modified: 12 Sep 2019 08:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43349

Actions (login required)

View Item View Item