PENGARUH KONSENTRASI PELARUT DAN LAMA EKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK FLAVOR BUAH NANGKA (Artocarpus heterophyllus)

Vera Anggraeni Nur Abshar, 143020282 and Asep Dedy Sutrisno, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2019) PENGARUH KONSENTRASI PELARUT DAN LAMA EKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK FLAVOR BUAH NANGKA (Artocarpus heterophyllus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Vera Anggraeni Nur Abshar_143020282_Teknologi Pangan.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

INTISARI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pelarut dan lama ekstraksi terhadap karakteristik ekstrak flavor buah nangka. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dan referensi mengenai pembuatan ekstrak flavor buah nangka yang diharapkan dapat berperan sebagai penambah flavor pada makanan atau minuman. Penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menentukan rasio terbaik antara bahan dan pelarut dengan dilihat dari jumlah rendemen yang dihasilkan. Pada penelitian utama digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 2x3 dengan 4 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi pelarut (a) dengan 2 taraf yaitu a1 (konsentrasi 70%) dan a2 (konsentrasi 96%), serta lama ekstraksi (b) dengan 3 taraf yaitu b1 (18 jam), b2 (24 jam) dan b3 (30 jam). Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah analisis fisik yaitu total padatan terlarut. Respon kimia yang meliputi analisis kadar beta karoten dan kadar gula reduksi. Serta respon organoleptik terhadap aroma dan rasa. Hasil penelitian pendahuluan didapatkan rasio antara bahan dan pelarut yang terbanyak menghasilkan rendemen yaitu rasio 1:5 dengan rendemen 40%. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi pelarut dan lama ekstraksi berpengaruh terhadap total padatan terlarut, kadar gula reduksi, kadar beta karoten, dan organoleptik atribut aroma serta rasa ekstrak flavor buah nangka. Terjadi interaksi antara konsentrasi pelarut dan lama ekstraksi terhadap total padatan terlarut, kadar gula reduksi, kadar beta karoten, dan organoleptik atribut aroma serta rasa ekstrak flavor buah nangka. Kata kunci : Buah Nangka, Ekstrak Flavor, Ekstraksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:19
Last Modified: 12 Sep 2019 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43330

Actions (login required)

View Item View Item