PENGARUH KOMUNIKASI NONVERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CICENDO KOTA BANDUNG

KRISTIANTI, 152050062 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI NONVERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CICENDO KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II KRISTIANTI 152050062.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA KRISTIANTI 152050062.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER KRISTIANTI 152050062.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN KRISTIANTI 152050062.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA KRISTIANTI 152050062.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I KRISTIANTI 152050062.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “PENGARUH KOMUNIKASI NONVERBAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS” dimana objek dari penelitian ini adalah siswa tunarungu Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cicendo Kota Bandung dan guru tunarungu di sekolah ini sebagai responden. Dalam penelitian ini jumlah responden adalah sebanyak 30 orang. Tujuan dari disusunnya skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi non verbal guru tunarungu terhadap motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus, khususnya siswa tunarungu sehingga dapat diketahui pengaruh komunikasi tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, penyebaran angket dan juga wawancara. Teknik analisis data pada penelitian kuantitatif ini dilakukan beberapa tahapan yaitu pemeriksaan data, pemeriksaan kode, pemeriksaan memasukan data dan pembersihan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah komunikasi nonverbal yang dilakukan guru tunarungu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berkebutuhan khusus ini termasuk dalam kategori baik. Komunikasi non verbal ini berjalan efektif karena guru tunarungu selalu melafalkan kalimat yang benar, artikulasi yang benar sehingga siswa mampu untuk memahami komunikasi tersebut. Rekomendasi peneliti adalah agar guru tunarungu lebih intens dalam menjalin komunikasi non verbal dengan siswanya melalui keakraban yang terjalin antara guru dengan siswa, dengan artikulasi yang jelas serta dengan melafalkan kalimat yang benar. Dengan begitu, guru tunarungu akan lebih mudah dalam memberikan dukungan untuk meningkatkan motivasi belajar siswanya. (Kata Kunci: Komunikasi Non verbal, Motivasi Belajar.)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:44
Last Modified: 12 Sep 2019 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43299

Actions (login required)

View Item View Item