HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERLANTAR TENTANG PENERAPAN SOCIAL GROUP WORK DENGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRINYA DI PANTI ASUHAN AISYIYAH PANGKALPINANG

Sigit, 152020002 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERLANTAR TENTANG PENERAPAN SOCIAL GROUP WORK DENGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRINYA DI PANTI ASUHAN AISYIYAH PANGKALPINANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Hubungan antara persepsi Anak Terlantar Tentang Penerapan Social Group Work dengan Penyesuaian Dirinya di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang. Penerapan Social Group Work merupakan salah satu proses pendampingan yang dilakukan oleh pegawai panti yang bersifat seperti kultum, diskusi dan kegiatan yang dilakukan bersama serta metode Social Group Work dengan bentuk kegiatan dinamika kelompok supaya kegiatan lebih menarik, riang gembira, dan menantang setiap anak yang berada di panti untuk bergerak, berbuat dan bersikap saling mengenal, mengerti dan memahami individu dalam suatu kelompok, sehingga memperoleh informasi yang tepat dari seseorang sebagai teman baru dalam kelompoknya dan memecahkan suasana kaku dan beku menjadi suasana yang akrab dan bersahabat. Salah satu tujuan penerapan social group work adalah untuk dapat melihat kemampuan penyesuaian diri anak terlantar di panti asuhan Aisyiyah Pangkalpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi anak terlantar tentang penerapan social group work, untuk mendeskripsikan kemampuan penyesuaian diri anak terlantar di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang, dan untuk mendeskripsikan korelasi antara persepsi anak terlantar tentang penerapan social group work dengan kemampuan penyesuaian dirinya di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan teknik pengumpulan data adalah observasi non partisipan, angket dan wawancara. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 32 orang responden dari jumlah populasi 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan pengukuran variabel menggunakan skala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi anak terlantar tentang penerapan social group work dengan kemampuan penyesuaian dirinya di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang. Semakin tinggi persepsi anak terlantar tentang penerapan social group work, maka semakin tinggi kemampuan penyesuaian dirinya di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang. Saran ditujukan kepada pemerintah dan pihak Panti Asuhan Aisyiyah. Kata Kunci : Persepsi, Anak Terlantar, Social Group Work, Penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:37
Last Modified: 11 Sep 2019 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43276

Actions (login required)

View Item View Item