ARDELIA MAHESWARI, 155020097 (2019) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA BABUSSALAAM BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah masih belum optimalnya hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) di MA Baabussalaam Bandung. Karena saat ini diketahui masih banyaknya guru yang kurang memberikan perhatian terhadap potensi yang dimiliki peserta didiknya sehingga peserta didik tersebut kurang dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Komunikasi yang efektif pun seharusnya mampu dilakukan oleh guru agar segala proses pembelajaran dapat disampaikan dan dipahami jelas oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Kompetensi Sosial guru pada mata pelajaran ekonomi di MA Babussalaam Bandung (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Babussalaam Bandung (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Babussalaam Bandung. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode dengan pendekatan survey dimana peneliti membagikan angket kepada 65 siswa. Setelah pengisian angket dilakukan dan dikumpulkan, lalu dilakukan tahap pengolahan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program olah data yaitu dengan tanda signifikasi dibawah hasil olah data dengan ketentuan tanda (**) significan 0,01. Dapat disimpulkan rata-rata hitung sebesar 48,71% atau cukup baik. Sedangkan untuk hasil belajar memiliki rata-rata hitung sebesar 35% atau kurang baik, Berdasarkan hasil olah data diperoleh angka R Square sebesar 0,602 hal ini menunjukan bahwa variabel bebas yaitu kompetensi sosial guru (Y) berpengaruh sebesar 60,2% yang masuk dalam kategori cukup kuat terhadap variabel bebas yaitu hasil belajar dan sebagian lainnya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan bagi guru, diharapkan untuk meningkatkan kompetensi sosial guru dalam berkomunikasi pada siswa dengan melakukan komunikasi yang efektif dalam setiap pembelajaran. Kata Kunci : Kompetensi Sosial Guru, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 03:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43255 |
Actions (login required)
View Item |