KARAKTERISTIK MIE BASAH DARI TEPUNG JEWAWUT (Setaria italica L.) TERMODIFIKASI SECARA FERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus acidophilus DAN WAKTU FERMENTASI BERVARIASI

Rysa Agustyani Hidayat, 14.302.0241 and Hervelly, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) KARAKTERISTIK MIE BASAH DARI TEPUNG JEWAWUT (Setaria italica L.) TERMODIFIKASI SECARA FERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus acidophilus DAN WAKTU FERMENTASI BERVARIASI. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
RYSA AGUSTYANI HIDAYAT_143020241_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (659kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan waktu fermentasi terhadap karakteristik mie basah dari tepung millet yang difermentasi oleh Lactobacillus acidophilus. Manfaat dari penelitian ini adalah memanfaatkan bahan baku lokal, meningkatkan nilai tambah, meningkatkan penggunaan millet dalam pengolahan makanan dan mengetahui kondisi modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana satu faktor dengan dua ulangan. Waktu fermentasi yang dilakukan 0 jam, 24 jam, 48 jam, dan 72 jam. Kemudian, tepung millet yang dimodifikasi dibuat mie basah. Respon mie basah yang dianalisis adalah kadar air, kehilangan masakan dan organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu fermentasi berkorelasi dengan kadar air dan kehilangan masakan mie basah dengan nilai r 0,9989 dan 0,9399. Organoleptik mie basah diterima oleh panelis untuk tanggapan terhadap uji warna, elastisitas dan rasa. Kata kunci : Mie basah, Lactobacillus acidophilus, Fermentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Mie basah, Lactobacillus acidophilus, Fermentasi.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:32
Last Modified: 11 Sep 2019 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43254

Actions (login required)

View Item View Item