KOMPARASI KARAKTERISTIK AIR MINUM ISI ULANG DENGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN SELAMA PENYIMPANAN

I Gede Mirza Nur Setiawan, 16.302.0308 and Tantan Widiantara, DS and Sumartini, DS (2019) KOMPARASI KARAKTERISTIK AIR MINUM ISI ULANG DENGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN SELAMA PENYIMPANAN. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
I Gede Mirza Nur Setiawan_163020308_Teknologi Pangan.pdf

Download (534kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan karakteristik antara air minum isi ulang dengan air minum dalam kemasan selama penyimpanan dan korelasi antara lamanya waktu penyimpanan terhadap karakteristik air minum isi ulang dan atau air minum dalam kemasan. Rancangan percobaan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Faktor yang digunakan yaitu lamanya waktu penyimpanan sebagai variabel bebas dan respon yang diamati meliputi respon fisika (Total Padatan Terlarut), respon kimia (pH dan Zat Organik) dan respon mikrobiologi (Angka Lempeng Total) sebagai variabel terikat. Lamanya waktu penyimpanan dilakukan selama 28 hari dan pengamatan dilakukan sebanyak 5 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik fisika (Total Padatan Terlarut), kimia (pH dan Zat Organik), dan mikrobiologi (Angka Lempeng Total) antara air minum isi ulang dengan air minum dalam kemasan selama penyimpanan dan terdapat korelasi antara lamanya waktu penyimpanan terhadap karakteristik kimia (pH dan Zat Organik), dan mikrobiologi (Angka Lempeng Total), sedangkan untuk karakteristik fisika (Total Padatan Terlarut) tidak terdapat korelasi. Air minum isi ulang untuk karakteristik fisika (Total Padatan Terlarut) diperoleh nilai r = 0,0000; untuk karakteristik kimia (pH) diperoleh nilai r = 0,9745; untuk karakteristik kimia (Zat Organik) diperoleh nilai r = 0,9811; dan untuk karakteristik mikrobiologi (Angka Lempeng Total) diperoleh nilai r = 0,7085. Sedangkan air minum dalam kemasan untuk karakteristik fisika (Total Padatan Terlarut) diperoleh nilai r = 0,0000; untuk karakteristik kimia (pH) diperoleh nilai r = 0,9713; untuk karakteristik kimia (Zat Organik) diperoleh nilai r = 0,9849; dan untuk karakteristik mikrobiologi (Angka Lempeng Total) diperoleh nilai r = 0,8631. Kata Kunci : Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan, Total Padatan Terlarut, pH, Zat Organik, Angka Lempeng Total, Lama Waktu Penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan, Total Padatan Terlarut, pH, Zat Organik, Angka Lempeng Total, Lama Waktu Penyimpanan.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:56
Last Modified: 11 Sep 2019 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43247

Actions (login required)

View Item View Item