PEMBELAJARAN MENGANALISIS RELEVANSI JUDUL DENGAN DIALOG DRAMA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK DARUL MA’ARIF PAMANUKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NADYA NURFAUZIYAH, 155030082 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS RELEVANSI JUDUL DENGAN DIALOG DRAMA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK DARUL MA’ARIF PAMANUKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini awali masalah sulitnya keterampilan membaca pada peserta didik. Kurangnya membaca terutama dalam membaca isi drama. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis relevansi judul dengan dialog drama melalui metode problem solving learning; (2) untuk mengetahui kemampuan peserta didik menganalisis dalam pembelajaran relevansi judul dengan dialog drama melalui metode problem solving learning; (3) untuk mengetahui keefektifan metode problem solving learning digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama berfokus pada relevansi judul dengan dialog di kelas XI SMK Darul Ma’arif Pamanukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: studi pustaka, observasi, uji coba dan tes. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu melaksanakan pembelajaran menganalisis relevansi judul dengan dialog drama melalui metode problem solving learning pada peserta didik kelas XI SMK Darul Ma’arif Pamanukan. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang didapat penulis pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3,98 dengan kategori sangat kompeten. Peserta didik kelas XI AK3 SMK Darul Ma’arif Pamanukan mampu menganalisis relevansi judul dengan dialog drama melalui metode problem solving learning. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata prates sebesar 26,85 dan nilai rata-rata pascates sebesar 69,79. Nilai tersebut menunjukan, bahwa terjadi peningkatan sebesar 42,94. Metode problem solving learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis relevansi judul dengan dialog drama. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel, yaitu 9,95 > 2,03 artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil prates dengan pascates pada peserta didik kelas XI SMK Darul Ma’arif Pamanukan dalam pembelajaran menganalisis relevansi judul dengan dialog drama melalui metode problem solving learning. Kata kunci: Dialog, Drama, Judul, Menganalisis, Metode Problem Solving Learning, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:49
Last Modified: 10 Sep 2019 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43226

Actions (login required)

View Item View Item