PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Biologi Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)

SITI DUROTUN NAPISAH, 155020096 (2019) PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Biologi Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI_Siti Durotun.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_Siti Durotun.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.Indonesia_Siti Durotun.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.Inggris_Siti Durotun.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.Sunda_Siti Durotun.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Siti Durotun.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Siti Durotun.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_Siti Durotun.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Siti Durotun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB V_Siti Durotun.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Siti Durotun.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini: "PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Biologi Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)" dengan latar belakang yaitu Sebagai mahasiswa calon guru, yang menempuh pendidikan di FKIP UNPAS Bandung tentunya harus memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang mempengaruhi dalam kesiapan menjadi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program magang kependidikan terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru. Penelitian ini menggunakan cara pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, cara mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 132 mahasiswa FKIP UNPAS prodi pendidikan ekonomi dan pendidikan biologi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai program magang kependidikan sebesar 3,75 (43,69%) berada pada kategori “setuju”, dan mengenai kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar 4,22 (46,59%) berada pada kategori “sangat setuju”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 22,251 + 0,444 X) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel program magang kependidikan maka akan meningkatkan kesiapan mengajar sebesar 0,444. Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel program magang kependidikan terhadap variabel kesiapan mahasiswa menjadi guru berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 53,8% sedangkan sisanya 46,2% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel program magang kependidikan, dan tidak diteliti dalam skripsi ini. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan program magang kependidikan diharapkan mampu mengembangkan teknik mengajar dan mampu membuat pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan, hendaknya memberikan suatu informasi terbaru serta pengetahuan mengenai perangkat pembelajaran. Kata Kunci: Program Magang Kependidikan, Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:34
Last Modified: 10 Sep 2019 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item