IDENTIFIKASI POTENSI WISATA PANTAI RAMBAK GUNA MENDUKUNG RENCANA PENGEMBANGAN CALON KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) DI KECAMATAN SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA

Zuissar Wahyu Prasetya, 143060066 and Firmansyah, Dosen PWK Unpas and Zulphiniar Priyandoko, DS (2019) IDENTIFIKASI POTENSI WISATA PANTAI RAMBAK GUNA MENDUKUNG RENCANA PENGEMBANGAN CALON KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) DI KECAMATAN SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Zuissar Wahyu Prasetya_143060066_Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (924kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

BSTRAK Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah kawasan pada wilayah hukum yang berkedudukan di Indonesia dengan batas-batas wilayah tertentu dan ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan yang menyelenggarakan fungsi ekonomi dan mendapatkan sarana serta prasarana tertentu. Dengan mempertimbangkan potensi pariwisata bahari yang berlimpah kemudian dirumuskan rencana mengenai usulan sektor Pariwisata untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pulau Bangka Salah Satunya yang berlokasi di Pantai Rambak. Dilihat dari wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya semakin meningkat dari tahunnya mencapai 6.700 wisatawan pada tahun 2018 berdasarkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka. Sementara pada tahun 2015 hanya 3.564 wisatawan saja yang berkunjung ke pantai Rambak. Studi ini bertujuan mengetahui Potensi Kesesuaian Wisata Pantai Rambak Guna Mendukung Rencana Pengembangan Calon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Pendekatan yang digunakan adalah Deskriptif Kualititatif metode ini diperlukan untuk melengkapi ataupun sampai sejauh mana ketepatan analisis tersebut. Berdasarkan analisis potensi kesesuaian lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pantai Rambak memiliki potensi untuk di jadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) karena sesuai dengan kriteria lokasi tersebut. Pantai Rambak di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka mempunyai potensi keindahan alam pantainya didukung dengan adanya wisata budaya. Berdasarkan analisis Kebutuhan komponen pariwisata pada objek wisata pantai Rambak dibutuhkannya fasilitas seperti akomodasi hotel/penginapan, fasilitas seperti pusat informasi, agen perjalanan, pemandu wisata, sarana pembelanjaan/pusat oleh-oleh, fasilitas keuangan, fasilitas kesehatan, sarana pendidikan dan sarana olahraga. Kata Kunci : Pantai, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Sep 2019 05:51
Last Modified: 10 Sep 2019 05:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43212

Actions (login required)

View Item View Item