PENGARUH METODE EKSTRAKSI DAN KOMPOSISI AIR PENGEKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK SARI KACANG LUPIN (Lupinus angustifolius)

Resma Dwi Andini, 143020414 and Asep Dedy Sutrisno, DS and Ira Endah Rohima, DS (2019) PENGARUH METODE EKSTRAKSI DAN KOMPOSISI AIR PENGEKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK SARI KACANG LUPIN (Lupinus angustifolius). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Resma Dwi Andini_143020414_Teknologi Pangan.pdf

Download (630kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kacang lupin merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan karena tingginya kandungan nutrisi didalamnya, salah satunya yaitu dengan mengolah menjadi minuman sari lupin yang dapat menggantikan protein susu sapi bagi penderita lactose intolerance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perbandingan metode ekstraksi dan komposisi air pengekstraksi yang tepat dalam pembuatan sari kacang lupin, serta untuk diversifikasi produk olahan pangan yang dapat diterima oleh konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola faktorial (2x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 kali ulangan, sehingga diperoleh 24 kombinasi. Rancangan perlakuan ini meliputi faktor metode ekstraksi (A) yang terdiri dari dua taraf yaitu a1 (blending) dan a2 (mixing dan agitasi), serta faktor komposisi air pengekstraksi (B) dengan tiga taraf yaitu b1 (1:9), b2 (1:7) dan b3 (1:5). Respon pada penelitian ini terdiri dari respon fisik yaitu yield protein, respon kimia meliputi kadar lemak, kadar protein, kadar gula total dan total padatan terlarut, serta respon organoleptic meliputi atribut warna aroma dan rasa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode ekstraksi yang berbeda menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap yield protein, kadar lemak, kadar protein, kadar gula total, total padatan terlarut dan warna, sedangkan perbedaan komposisi air pengekstraksi menunjukkan pengaruh terhadap yield protein, kadar lemak, kadar protein, kadar gula total, total padatan terlarut dan warna. Kata kunci : Kacang Lupin, Komposisi Air, Metode Ekstraksi, Sari Lupin

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:14
Last Modified: 10 Sep 2019 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43197

Actions (login required)

View Item View Item