PENEGAKAN HUKUM DI TINGKAT PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA SUAP DALAM PENGATURAN SKOR SEPAK BOLA INDONESIA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 1980 TENTANG TINDAK PIDANA SUAP

Nadini Destriani Wijaya, 151000323 (2019) PENEGAKAN HUKUM DI TINGKAT PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA SUAP DALAM PENGATURAN SKOR SEPAK BOLA INDONESIA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 1980 TENTANG TINDAK PIDANA SUAP. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
01-COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
13-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
12-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
14-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
11-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
08-DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09-BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penyidikan merupakan tahapan proses perkara pidana setelah proses penyelidikan. Ketika diketahui telah terjadi tindak pidana pengaturan skor sepak bola di Indonesia, maka saat itulah penyidikan dapat dilakukan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penegakan hukum di tingkat penyidikan terhadap tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola Indonesia? Bagaimana faktor-faktor penghambat dalam penegakan hukum di tingkat penyidikan terhadap tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola Indonesia? dan bagaimana solusi yang dapat dilakukan Kepolisian agar penegakan hukum di tingkat penyidikan terhadap tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola Indonesia berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu spesifikasi penelitian deskriptif analitis yakni dengan cara menganalisis hubungan hukum positif dengan teori hukum serta pelaksanaan hukum positif, metode pendekatan yuridis normatif yaitu dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan melakukan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti dan metode yuridis kualitatif yaitu menggunakan peraturan perundang-undangan yang dihubungkan dengan data primer dan sekunder yang berasal dari literatur hukum untuk membahas permasalahan hukum yang diajukan peneliti. Penegakan hukum di tingkat penyidikan terhadap tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola di Indonesia kerap beralasan ketiadaan hukum untuk menjerat para pelaku suap sepak bola, padahal Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap masih berlaku sebagai hukum positif di Indonesia bahkan penyidik tidak maksimal dalam menemukan alat bukti dan barang bukti dalam perkara tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola di Indonesia, sehingga para tersangka tidak dilakukan penyidikan secara maksimal, kemudian faktor penghambat dalam penegakan hukum di tingkat penyidikan terhadap tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola Indonesia meliputi faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum, faktor masyarakat, dan faktor kebudayaan, berikutnya adanya hambatan internal dan hambatan eksternal penyidik itu sendiri. Selanjutnya solusi yang dapat dilakukan kepolisian dalam menegakkan hukum di tingkat penyidikan terhadap tindak pidana suap dalam pengaturan skor sepak bola di Indonesia yaitu dengan cara melakukan penyidikan berdasarkan pada hukum positif yang berlaku dan memaksimalkan seluruh personil penyidik dalam menemukan alat bukti dan barang bukti secara profesional serta memaksimalkan sarana dan prasarana unit kepolisian, sehingga kewajiban penegakan hukum terhadap setiap kasus dapat diselesaikan secara maksimal. Kata kunci: Penyidikan, Tindak Pidana Suap, dan Pengaturan Skor Sepak Bola di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:50
Last Modified: 13 Sep 2019 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43182

Actions (login required)

View Item View Item