PENGAWASAN PROGRAM PENINGKATAN KESEMPATAN KERJA PADA BIDANG PENEMPATAN PERLUASAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA BARAT

Nadia Jamali, 152010187 (2019) PENGAWASAN PROGRAM PENINGKATAN KESEMPATAN KERJA PADA BIDANG PENEMPATAN PERLUASAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
scan lembar pengesahan.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak, abstract, ringkesan.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat khususnya Bidang Penempatan, Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam mengawasi Program Peningkatan Kesempatan Kerja. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator pengawasan yang digunakan pada penelitian ini dikemukakan oleh Ulber Silalahi yang terdiri dari: Tetapkan Standar, Ukur Kinerja Aktual, Bandingkan Kinerja Aktual dengan Standar, Ambil Tindakan Perbaikan (atau Penyesuaian) untuk Memperkuat Kemajuan. Berdasarkan permasalahan dalam proses pengawasan Bidang Penempatan, Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, peneliti menduga masalah tersebut ada pada indikator Ukur Kinerja Aktual dan Ambil Tindakan Perbaikan (atau Penyesuaian) untuk Memperkuat Kemajuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Bidang Penempatan, Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi belum cukup optimal secara keseluruhan berdasarkan indikator. Hal ini dilihat dari indikator Pembuatan Standar yang digunakan oleh Bidang Penempatan, Perluasan Tenaga Kerja sudah cukup baik namun dalam pelaksanaan kegiatan masih ada hambatan. Selain itu, pada indikator Ukur Kinerja Aktual masih kekurangan sumber daya manusia sehingga proses pelaksanaan jadi tidak maksimal. Sedangkan, pada indikator Bandingkan Kinerja Aktual dengan Standar cukup baik dengan hasil yang memenuhi target dari salah satu kegiatan program dan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan program. Sementara, pada indikator Ambil Tindakan Perbaikan (atau Penyesuaian) untuk Memperkuat Kemajuan dalam mengawasi Program Peningkatan Kesempatan Kerja masih belum terlaksana dengan baik, sebab anggaran yang ada belum bisa memenuhi kegiatan program yang begitu banyak sehingga harus mengatur ulang perencanaan anggaran dan kegiatan. Apabila Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, khususnya Bidang Penempatan, Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi bisa lebih tegas dan antisipatif dalam mengatasi hambatan selama pelaksanaan program, maka setidaknya masalah pengangguran di Provinsi Jawa Barat bisa teratasi step by step. Kata kunci: Pengawasan, Kesempatan Kerja, Pengangguran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:19
Last Modified: 09 Sep 2019 08:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43147

Actions (login required)

View Item View Item