KAJIAN PERBANDINGAN RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) DENGAN BELUT (Monoprerus albulus) SERTA SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK NORI

Shinta Karisma Fitrah, 143020133 and Sumartini, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2019) KAJIAN PERBANDINGAN RUMPUT LAUT (Gracilaria sp) DENGAN BELUT (Monoprerus albulus) SERTA SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK SNACK NORI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Shinta Karisma Fitrah_143020133_Teknologi Pangan.pdf

Download (416kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan rumput laut dan belut serta suhu pengeringan terbaik pada pembuatan Snack Nori. Manfaat penelitian ini adalah untuk menggali potensi belut di Indonesia, bahwa belut tidak hanya dapat dijadikan lauk-pauk ataupun kerupuk saja tetapi dengan melihat kandungan yang terdapat pada belut, belut juga dapat dimanfaatkan menajdi makanan lain sebagai bahan subtitusi nori yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi dan lebih menarik seperti Snack Nori. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Petak terbagi (RPT). Rancangan perlakuan yang digunakan pada penelitian terdiri dari dua faktor, yaitu faktor suhu pengeringan (T) dan faktor perbandingan rumput laut dan belut (S). Respon organoleptik yang diamati meliputi warna, aroma, kerenyahan, dan rasa menggunakan uji hedonik. Analisis kimia yang dilakukan adalah kadar air menggunakan metode gravimetri dan kadar protein menggunakan metode kjedhal. Hasil penelitian utama menunjukan bahwa suhu pengeringan berpengaruh terhadap warna, aroma, dan kerenyahan Snack Nori; perbandingan rumput laut dan belut berpengaruh terhadap aroma, kerenyahan, rasa, dan kadar protein Snack Nori; serta interaksi keduanya berpengaruh terhadap warna, aroma, dan kerenyahan Snack Nori. Berdasarkan hasil pemilihan sampel terpilih yang didapatkan yaitu pada perlakuan t3s3 (pengeringan dengan suhu 70°C dan perbandingan rumput laut dan belut 3,5:1,5) dengan nilai rata-rata warna 4,37; aroma 4,47; kerenyahan 4,48; rasa 4,17; kadar air 4,75%; dan kadar protein 17,16%. Kata kunci: Rumput laut, belut, pengeringan, Snack Nori.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:15
Last Modified: 09 Sep 2019 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43145

Actions (login required)

View Item View Item