KORELASI KONSENTRASI ASAM SITRAT TERHADAP KARAKTERSTIK PEKTIN KULIT BUAH KOPI ARABIKA (Coffea arabica)

Neng Winda Latifah Subhiyyah, 143020178 and Dede Zainal Arief, DS and Ina Siti Nurminabari, Ds (2019) KORELASI KONSENTRASI ASAM SITRAT TERHADAP KARAKTERSTIK PEKTIN KULIT BUAH KOPI ARABIKA (Coffea arabica). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
NENG WINDA LATIFAH S_143020178_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (403kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi konsentrasi asam sitrat terhadap karakteristik pektin kulit buah kopi arabika (Coffea arabica). Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan kulit buah kopi menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk memilih bahan yang akan digunakan pada penelitian utama yaitu kulit buah kopi segar atau kulit buah kopi yang difermentasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian utama dilakukan untuk mengetahui korelasi konsentrasi asam sitrat terhadap karakteristik pektin kulit buah kopi. Pengolahan data dilakukan menggunakan regresi parabola kuadratik. Adapun faktor yang digunakan adalah perbedaan konsentrasi asam sitrat yang terdiri dari 6%, 7%, 8%, 9% dan 10%. Respon pada penelitian ini meliputi rendemen pektin, berat ekivalen, kadar metoksil, kadar asam galakturonat, dan derajat esterifikasi. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa konsentrasi Aspergillus niger pada proses fermentasi memiliki korelasi negatif terhadap kadar pektin kulit buah kopi, sehingga bahan yang digunakan pada penelitian utama adalah kulit buah kopi segar. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi asam sitrat berkorelasi negatif terhadap rendemen pektin, kadar metoksil, kadar asam galakturonat, dan derajat esterifikasi, tetapi berkorelasi positif terhadap berat ekivalen. Kata kunci: Aspergillus niger, konsentrasi asam sitrat, pektin, kulit buah kopi, regresi linier sederhana, regresi parabola kuadratik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Aspergillus niger, konsentrasi asam sitrat, pektin, kulit buah kopi, regresi linier sederhana, regresi parabola kuadratik.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:41
Last Modified: 09 Sep 2019 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43132

Actions (login required)

View Item View Item