PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MENGGUNAKAN METODE OPEN-ENDED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NOPI HARDIANTI, 155030095 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN MENGGUNAKAN METODE OPEN-ENDED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran mengonstruksi cerita pendek berorientasi pada unsur-unsur pem-bangun cerpen dalam penelitian ini menggunakan keterampilan menulis. Me-ngonstruksi cerita pendek berorientasi pada unsur-unsur pembangun cerpen adalah pembelajaran menulis yang dari data yang telah ada, namun harus ber-dasarkan unsur pembangunnya. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode Open-Ended Learning. Open-Ended Learning merupakan metode pem-belajaran terbuka yang menenggelamkan peserta didik pada pengalaman. Atas dasar kemenarikan metodenya, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini serta merasa metode ini cocok untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran mengonstruksi cerita pendek berorientasi pada unsur-unsur pembangun cerpen. Peneliti mengajukan permasalahan sebagai berikut; mampukah penulis meren-canakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi sebuah cerita pendek berorientasi pada unsur-unsur pembangun cerpen menggunakan metode Open-Ended Learning pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung?; bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengonstruksi cerita pendek berorientasi pada unsur-unsur pem-bangun cerpen?; dan efektifkah metode Open-Ended Learning digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung?. Adapun hasil penelitiannya, yaitu penulis mampu merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran terbukti dari hasil penilaian guru sebesar 3.86 yang berarti masuk kategori A baik sekali, peserta didik mampu mengonstruksi cerita pendek berorientasi pada unsur-unsur pembangun cerpen dengan metode Open-Ended Learning terbukti adanya suatu peningkatan nilai dari pretes dengan total skor sebesar 58,33 ke postes dengan totalan skor sebesar 85,83, serta adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti dari hasil postes yang didapat dan hasil uji Mann-Whitney dengan hasil sig. 0.010<0.05 yang berarti hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Open-Ended Learning lebih baik dari hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dengan menggunakan metode Eksplicit Intruction. Kata Kunci: cerita pendek, mengonstruksi, menulis, metode Open-Ended Learning, unsur pembangun cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:31
Last Modified: 07 Sep 2019 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43045

Actions (login required)

View Item View Item