STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT PEREBUNAN NUSANTARA VIII

Elza Nurhaliza Wirawan Elza Nurhaliza Wirawan, 152050030 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT PEREBUNAN NUSANTARA VIII. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran PT Perkebunan Nusantara VIII (Studi Desktirptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Teh Goalpara”. Strategi yang dilakukan pada setiap perusahaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan pasti berbeda-beda sesuai pengeluaran biaya promosi yang mampu memenuhi strategi yang dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara bagian pemasaran retail PT Perkebunan Nusantara VIII melakukan strategi komunikasi pemasarana agar konsumen maupun calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk teh Goalpara. Dengan strategi-strategi yang ada dapat memberikan dampak postif yakni kenaikan dalam penjualan produk teh Goalpara, baik perbulan maupun setiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi Deskriptif kualitatif. Penelitian kualitataif lebih kepada gambaran sesuatu yang akan diteliti dengan dilakukan teknik wawancara mendalam kepada informan yang terkait dalam penelitian ini serta dengan didukungnya data-data yang berkaitan, dengan data-data yang diperoleh dapat terbukti kebenarannya dan sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh para informan. Sedangkan jenis pendekatan yang digunakan lebih kepada studi deskriptif kualitatif karena lebih kepada gambaran-gambaran yang ada mengenai permasalahan dalam penelitian. Seperti strategi komunikasi pemasaran PT Perkebunan Nusantara VIII melakukan segala strategi yang menjadi pertanyaan dalam penelitian. Hasil menunjukan bahwa : 1) Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh bagian pemasaran retail PT Perkebunan Nusantara VIII mengenai produk teh Goalpara, yaitu menggunakan konsep strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran ditandai dengan terlihatnya strategi bauran pemasaran yang digunakan, serta mengandalkan strategi pemeilihan media yang tepat dan efektif yaitu media sosial; 2) Penggunaan promosi dilakukan secara langsung daripada menggunakan media perantara, dikarenakan biaya yang dikeluarkan lebih besar dan tidak adanya timbal balik yang didapatkan oleh perusahaan; 3) Kegiatan yang terdapat dalam bauran komunikasi pemasaran ternyata dalam segi periklan, promo atau diskon, publikasi, serta penggunaan media promosi tidak dirasakan oleh konsumen produk teh Goalpara sehingga konsumen hanya mengetahui produknya saja dibandingkan mengetahui perusahaan yang memproduksikannya. Namun dari kelima bauran komunikasi pemasaran yang paling efektif digunakan yaitu menggunakan strategi penjualan personal dimana strategi ini dapat mempengaruhi secara langsung serta konsumen dapat bertindak sesuai apa yang diingkan oleh perusahaan. Saran dari peneliti untuk PTPN VIII seharusnya lebih gencar dalam melakukan promosi mengenai produk-produk yang dimiliki. Sekarang sudah zaman teknologi yang canggih dan penyebaran informasi dapat melalui media sosial seperti instagram, twitter, facebook dan lain-lain. Namun bagian Pemasaran retail PTPN VIII kurang menggunakan media sosial yang penyebaran informasinya sangat cepat dan biaya yang dikeluarkan terbilang murah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 07 Sep 2019 02:08
Last Modified: 07 Sep 2019 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43041

Actions (login required)

View Item View Item