EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI (Studi di RSD Kota Tidore Kepulauan Menggunakan Metode Hot-Fit )

IRMA RIDWAN, NPM 178020002 (2019) EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI (Studi di RSD Kota Tidore Kepulauan Menggunakan Metode Hot-Fit ). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS IRMA_copy.docx

Download (64kB)

Abstract

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 82 Tahun 2013 bahwa semua Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. RSD Kota Tidore Kepulauan merupakan rumah sakit tipe C mulai mengimplementasikan SIMRS pada tahun 2018, namun menemukan berbagai kendala selama proses pelaksanaanya. Sejak SIMRS diimplementasikan, belum pernah dilakukan evaluasi SIMRS. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian dengan mengevaluasi penerapan SIMRS di RSD Kota Tidore Kepulauan dalam rangka meningkatkan kualitas informasi menggunakan metode HOT-fit. Tujuan: Mengetahui gambaran kondisi eksisting SIMRS menggunakan metode HOT-fit ,selanjutnya untuk mengetahui gambaran kualitas informasi SIMRS serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan dan pengembangan SIMRS dalam upaya meningkatkan kualitas informasi di RSD Kota Tidore kepulauan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di RSD Kota Tidore Kepulauan. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang relevan sesuai dengan kajian masalah dan dilakukan pada Kepala Manajemen Pengembangan, Manajer IT, IT dan user yang menggunakan SIMRS. Hasil: hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerapan SIMRS di RSD Kota Tidore Kepulauan menggunakan HOT-fit belum terdapat kesesuaian. Pada indikator human, beberapa pengguna belum memiliki kepatuhan yang baik dalam menjalankan SIMRS. Indikator technology menunjukkan modul SIMRS belum sepenuhnya terintegrassi pada tiap unit. Kurangnya fasilitas pendukung dan belum adanya SOP menjadi masalah yang perlu diselesaikan oleh organisasi RSD Kota Tidore. Kesimpulan: Evaluasi pada penerapan SIMRS baik indikator human, organization dan technology masih terdapat ketidaksesuaian. Rekomendasi perbaikan dan pengembangan yang diusulkan oleh peneliti saat ini adalah penyusunan SOP tentang SIMRS, pengadaan penambahan fasilitas pendukung serta pengawasan dari manajemen kepada user secara berkala dalam menjalankan SIMRS sehingga kedepannya evalusi SIMRS dapat meningkatkan kualitas informasi. Kata Kunci: SIMRS, HOT-fit, Kualitas Informasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:38
Last Modified: 06 Sep 2019 08:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43026

Actions (login required)

View Item View Item