PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN MORAL FEELING PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG)

Intan Rizki Amalia, 155010032 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN MORAL FEELING PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I SKRIPSI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II SKRIPSI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III SKRIPSI.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
15. BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Moral Feeling Peserta Didik (Studi kasus SMK ICB Cinta Wisata Bandung)”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Sejauh mana peran guru PKn dalam mengembangkan moral feeling peserta didik SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus kualitatif. Yang melalui tahap Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 1 Guru Mata Pelajaran PKn dan 30 orang Peserta Didik di lingkungan SMK ICB Cinta Wisata Bandung dan penyebaran angket sebanyak 30 angket, untuk 30 orang. Secara garis besar analisis data meliputi tiga langkah yaitu: (1) Reduksi data, (2) Data Display (Penyajian Data), (3) Cloncusion Drawing/verification. Dengan hasil penelitian bahwa peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan moral feeling peserta didik, sebagai berikut: 1) Bentuk-bentuk moral feeling yang terjadi di tempat penelitian yaitu perasaan moral berkaitan dengan emosi ketika peserta didik berbuat tidak benar menimbulkan rasa bersalah, dan ketika peserta didik mampu menyenangkan orang lain timbul rasa bahagia. Moral itu sesuatu yang setelah anda lakukan merasa nyaman, dan immoral itu sesuatu yang setelah anda lakukan anda merasa tidak nyaman. 2) Tindakan mendidik yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan moral feeling yang terjadi di tempat penelitian, membentuk moral feeling peseta didik dengan cara membetuk percaya diri tehadap peserta didik tersebut, bisa merasakan penderitaan orang lain, mencintai kebenaran, mampu mengontrol diri, mempunyai kerendahan hati, dan hati nurani. 3) Faktor-fakror pendukung dan penghambat peserta didik yang terjadi di tempat penelitian yaitu dalam kegiatan pembelajaran di temukan dalam karakteristik peserta didik yang kurang baik, sikap dan perilaku peserta didik, minat dan bakat peserta didik, daya serap peserta didik, dan peserta didik terlalu pasif. 4) Tindakan upaya mengatasi masalah peserta didik yang terjadi di tempat penelitaian yaitu dengan cara meningkatkan rasa percaya diri terhadap peserta didik yaitu dengan cara menghadirkan proses belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik, memberikan motivasi kepada peserta didik, meningkatkan semangat komperatif antar peserta didik. Kata Kunci: Guru PKn, Moral Feeling, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 08:04
Last Modified: 06 Sep 2019 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43022

Actions (login required)

View Item View Item