PENGEMBANGAN ORGANISASI BALAI BENIH DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA JAWA BARAT DALAM MEMPERBANYAK PADI BERMUTU

Aldy Abdul Malik, 152010033 (2019) PENGEMBANGAN ORGANISASI BALAI BENIH DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA JAWA BARAT DALAM MEMPERBANYAK PADI BERMUTU. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER ALDY.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ALDY.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka ALDY.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ALDY.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ALDY.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Beras di Negara Republik Indonesia merupakan masalah yang cukup penting, mengingat masalah nasional yang menyangkut berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Kegagalan pada produksi beras/padi akan berakibat pada terganggunya stabilitas ekonomi maupun politik. Peran pemerintah disini sangat diperlukan dalam penerapan strategi yang tepat melalui lembaga-lembaga terkait untuk memberdayakan petani dalam meningkatkan produksi padi. Pembangunan sektor pertanian adalah merupakan upaya yang tepat dilakukan, mengingat sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan ekonomi nasional, yaitu baik dalam penyediaan pangan masyarakat, pembentukan pendapatan domestik bruto, sumber lapangan kerja, ekspor non migas dan pengendalian inflasi. Keberhasilan sektor pertanian salah satunya adalah padi sangat dipengaruhi oleh masukan berbagai komponen produksi didalamnya. Antara lain adalah penggunaan benih bermutu. Karena dengan menggunakan benih bemutu, dapat meningkatkan produktivitas persatuan luas, homogenitas pertanaman dengan mutu hasil baik dan ketepatan waktu saat panen dapat diprediksi. Lembaga yang sangat menentukan saat ini dalam memenuhi kebutuhan para petani di Jawa Barat adalah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat melalui Balai-Balai. Masalah yang muncul saat ini adalah tidak terpenuhinya kebutuhan benih oleh lembaga tersebut untuk memenuhi kebutuhan para petani. Balai benih yang diharapkan melakukan perbanyakan benih adalah Balai Benih yang memperhatikan Pengembangan Organisasi (PO) dalam ragka memenuhi kebutuhan para petani. PO dimaksud adalah peningkatan kualitas organisasi yang konsen terhadap pengembangan dan kemajuan serta cepat tanggap terhadap perubahan lingkungan. Indikator PO terdiri dari Penggabungan Perubahan Individual, Visi yang menjadi milik bersama (kelembagaan), Kerja sama antar organisasi (Jalinan Kerja atau Network), saat ini belum diperhatikan dan belum diberdayakan secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:52
Last Modified: 06 Sep 2019 07:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43018

Actions (login required)

View Item View Item