PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA YPKKP CIJERAH BANDUNG (Study Kasus pada Kelas X di SMA YPKKP Cijerah Bandung)

DELIMA OMPUSUNGGU, 155020088 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA YPKKP CIJERAH BANDUNG (Study Kasus pada Kelas X di SMA YPKKP Cijerah Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_DELIMAOMPUSUNGGU.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesan.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKB.INDONESIA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKB.INGGRIS.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKB.SUNDA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1_DELIMAOMPUSUNGGU .pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BABII_DELIMAOMPUSUNGGU.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BABIII_DELIMAOMPUSUNGGU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BABIV_DELIMAOMPUSUNGGU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BABV_DELIMAOMPUSUNGGU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
DAFTARPUSTAKA_DELIMAOMPUSUNGGU.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul Penelitian ini: “PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA YPKKP CIJERAH BANDUNG (Survey Pada Siswa/Siswi Kelas X di SMA YPKKP Cijerah Bandung)” dengan latar belakang yaitu Kemandirian belajar sangat penting di miliki oleh seorang siswa karena pada saat pembelajaran di sekolah. kemandirian belajar dalam penelitian ini adalah seseorang yang memiliki sifat kepercayaan yang tinggi. Memiliki kesadaran sendiri dalam mengatasi masalah dan mempunyai rasa tanggung jawab atas tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru.sehingga membuat siswa siap dalam proses pembelajaran dan mampu beradaptasi dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran ekonomi. Pelitian ini menggunakan cara pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, cara mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 30 siswa kelas X di SMA YPKKP Cijerah Bandung. Analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif dan Verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (Mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata dengan tanggapan responden mengenai kemandirian belajar sebesar 4,38 berada pada kategori “Baik” dan mengenai hasil belajar siswa sebesar 75,27. Berdasarkan analisis verifikasi data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 36,441 + 0,471 X) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel kemandirian belajar maka akan meningkatkan hasil belajar siswa 0,471. Sedangkan sumbangan pengaruh pengaruh yang diberikan oleh variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi berdasarkan hasil pehitungan koefisien determinasi adalah sebesar 72,9% sedangkan sisanya hasil perhitungan 27,1 dipengaruhi oleh factor diluar variabel kemandirian belajar yang tidak diteliti dalam penelitian . Sebagai akhir penelitian, penulis penyampaikan saran bagi siswa diharapkan untuk membiasakan belajar mandiri, tidak selalu bergantung dengan orang lain, percayah diri, dan mampu mengontrol dirinya sendiri agar hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi dapat optimal. Kata kunci : kemandirian Belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:41
Last Modified: 17 Oct 2019 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43016

Actions (login required)

View Item View Item