PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA PENGAJUAN DAN PENAWARAN DENGAN METODE VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBANTU MEDIA FLASH CARD DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURUL FITRIANI, 155030073 (2019) PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA PENGAJUAN DAN PENAWARAN DENGAN METODE VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBANTU MEDIA FLASH CARD DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menyampaikan teks negosiasi berorientasi pada pengajuan dan penawaran merupakan salah satu pembelajaran untuk melatih peserta didik dalam kegiatan berbicara. Peneliti bertujuan untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menyampaikan teks negosiasi berorientasi pada pengajuan dan penawaran berdasarkan topik yang telah dipilih. Permasalahan yang muncul pada saat ini ditandai oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengemukakan negosiasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penelitian kuantitatif dengan kuasi. Metode penelitian kuasi digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang berkaitan. Adapun hasil dari penelitiannya, yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakann, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menyampaikan teks negosiasi menggunakan metode Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantu media Flash Card pada kelas X-IPS 4 SMA Pasundan 1 Bandung. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari perencanaan dan pelaksanaan pada kelas eksperimen yaitu 3,4 dan kelas kontrol yaitu 3,5; (2) Peserta didik kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menyampaikan teks negosiasi berorientasi pada pengajuan dan penawaran. Hal tersebut terbukti dari nilai prates kelas eksperimen yaitu 59,6 dan nilai pascates yaitu 87,6. Sedangkan nilai rata-rata nilai prates kelas kontrol yaitu 55,8 dan rata-rata nilai pascates 67,5; metode Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantu media Flash Card efektif diterapkan dalam pembelajaran menyampaikan teks negosiasi berorientasi pada pengajuan dan penawaran pada kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Hal itu dibuktikan dengan nilai kenaikan Mann Whitney dari data Gain yaitu dengan nilai rata-rata kenaikan pada kelas eksperimen 44, 13, dan pada kelas kontrol yaitu 16,87. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan metode tersebut lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima. Kata kunci: Menyampaikan, Metode V isual Auditory Kinesthetic (VAK), Flash Card, Penawaran, Pengajuan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:23
Last Modified: 06 Sep 2019 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43010

Actions (login required)

View Item View Item