PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL DALAM BENTUK TEKS ULASAN BERORIENTASI PADA STRUKTUR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 42 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

CANIA DEWI RACHMAT, 155030116 (2019) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA NOVEL DALAM BENTUK TEKS ULASAN BERORIENTASI PADA STRUKTUR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 42 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER fix.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembarpengesahan.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REVISI (HALAMAN).pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REVISI (HALAMAN).pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III REVISI (HALAMAN).pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB IV REVISI (HALAMAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V REVISI (HALAMAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ol eh sulitnya memunculkan ide- ide pada peserta didik. Sulitnya memunculkan ide- ide terutama dalam menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan berorientasi pada struktur menggunakan metode CIRC; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan; dan menge tahui kefektifan metode CIRC dalam pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel dalam bentuk teks ulasan dibandingkan kelas kontrol . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental . Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, tes, dan uji coba. Adapun hasil penelitian, yaitu penulis mampu merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,77 kategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,71 kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata- rata hasil pretes 26,08 > 23,52 dan rata- rata hasil postes 75,07 > 60,18. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan hasil peningkatan sebesar 465,00 > 462,00 . Metode CIRC efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode Explicit Instruction pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil 0,000. Apabila nilai Sig. 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode CIRC efektif digunakan pada pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya novel berorientasi pada struktur. Kata Kunci : Menulis, metode Cooperative Integrated Reading and Composition, struktur, teks, ulasan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:11
Last Modified: 06 Sep 2019 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42977

Actions (login required)

View Item View Item